Benuanta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperkuat komitmennya dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menghadirkan fitur pencairan dana empat kali sehari melalui layanan BRImerchant. Inovasi ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam menstabilkan arus kas dan memenuhi kebutuhan operasional harian dengan lebih mudah.
Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto, mengungkapkan bahwa pencairan dana yang lebih sering ini merupakan jawaban atas tantangan utama yang sering dihadapi pelaku usaha, yaitu pengelolaan keuangan yang efektif dan optimalisasi penggunaan dana operasional. Dengan fitur ini, pelaku usaha dapat menjaga arus kas tetap stabil dan kebutuhan kas harian, seperti belanja barang dagangan, akan semakin terjaga.
“Melalui BRImerchant, kami ingin membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk lebih mudah mengelola bisnis mereka di era digital. Dengan adanya fitur pencairan hingga empat kali sehari ini, kami meningkatkan kepastian usaha mereka tetap lancar tanpa terkendala arus kas,” ujar Andrijanto, Kamis (21/11).
Untuk mendukung fleksibilitas ini, BRI mengatur jadwal waktu transaksi dan pencairan sebagai berikut:
Jadwal Waktu Transaksi:
- Transaksi I: 14.01 – 23.30
- Transaksi II: 23.31 – 10.00
- Transaksi III: 10.01 – 14.00
- Transaksi IV: 14.01 – 17.00
Jadwal Pencairan:
- Pencairan I: 06.00 – 09.00
- Pencairan II: 13.00 – 14.00
- Pencairan III: 17.00 – 18.00
- Pencairan IV: 21.00 – 22.00
“Kami percaya, inovasi ini tidak hanya membantu UMKM berkembang, tetapi juga dapat meningkatkan daya saing di tengah ketatnya persaingan bisnis. Dengan BRImerchant, para merchant dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis tanpa harus khawatir tentang pengelolaan arus kas,” kata Andrijanto.
Aplikasi BRImerchant dikembangkan untuk mendukung para merchant dalam memantau dan mengelola transaksi secara real-time. Melalui aplikasi ini, nasabah yang ingin menjadi merchant juga dapat mengajukan QRIS BRI dalam hitungan menit. Merchant dapat menerima pembayaran digital dari berbagai aplikasi pembayaran, memberikan keleluasaan dan fleksibilitas bagi pelaku usaha.
“Semoga kehadiran BRImerchant yang memudahkan pencairan hasil penjualan hingga empat kali sehari, pengelolaan laporan otomatis, hingga layanan swadaya seperti Self Onboarding, Voice Notification, dan Complaint Handling makin mendapat tempat di hati para pelaku usaha, khususnya merchant,” pungkas Andrijanto.