Search
Close this search box.

Drone Bakal Dipakai Sebagai Alat Pengiriman Barang di IKN

Benuanta.id – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan pengiriman paket atau barang di IKN, Kalimantan Timur akan menggunakan teknologi drone. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari penerapan sistem logistik pintar di IKN.

“Penggunaan drone untuk pengiriman paket akan lebih efisien dan ramah lingkungan,” ujar Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan di Jakarta, Rabu (6/12).

Selain drone, sistem logistik pintar di IKN juga akan menerapkan teknologi-teknologi lainnya seperti smart label, sistem Internet of Things (IoT) dalam logistik, AI (Artificial Intelligence) enhanced supply chain analytics, serta teknologi sistem tracking logistik (logistic tracking system).

Baca juga  UMKM di IKN Nusantara Bebas Pajak, Ini Syaratnya

Penggunaan teknologi drone untuk pengiriman paket di IKN sejalan dengan Peraturan Presiden No. 63/2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara. Dalam peraturan tersebut, IKN didorong untuk menerapkan strategi logistik yang inovatif, termasuk menggalakkan solusi logistik yang ramah lingkungan dan mengadopsi teknologi baru yang mendukung inovasi pengiriman jarak jauh.

Baca juga  Samsung Galaxy Z Flip5: Layar Flex Window yang Lebih Luas untuk Multitasking dan Kreativitas

Penggunaan drone untuk pengiriman paket di IKN diharapkan dapat menciptakan sistem logistik yang efisien dan berdampak minim terhadap lalu lintas kota. Selain itu, penggunaan drone juga dapat meningkatkan keselamatan dari aspek transportasi.

Konsep kota cerdas telah dipertimbangkan sebagai elemen menyeluruh dalam menegaskan pembangunan IKN sebagai Ibu Kota baru Indonesia yang dinamis, inklusif, didukung oleh masyarakat, serta siap menghadapi masa depan. (Antara)

Baca juga  Hasanuddin Mas'ud Dorong Pemprov Kaltim Koordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk Perbaikan Jalan Rusak
Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved