Search
Close this search box.

Serap Tenaga Kerja Lokal, DPRD Kaltim Dorong Pemprov Kaltim Aktif di IKN

Benuanta.id – DPRD Kaltim meminta Pemerintah Provinsi Kaltim lebih aktif dalam mengakomodir masyarakat Benua Etam dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Anggota DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid mengatakan, hadirnya IKN harus dapat mensejahterakan masyarakat Kaltim, khususnya dalam hal serapan tenaga kerja lokal.

Ely mengkritik bahwa pembangunan IKN masih kurang melibatkan masyarakat Kaltim, seperti dalam pembangunan mess di wilayah IKN yang tiba-tiba sudah selesai dibangun. Ia berharap, ke depan masyarakat Kaltim lebih terlibat dan dapat berkontribusi, sehingga turut merasakan dampak positif dari hadirnya IKN.

Baca juga  Wakil Ketua DPRD Kaltim Serahkan Bantuan Pupuk, Bibit, dan Alat Pertanian untuk Petani Kukar

Ely juga mendorong Pemprov Kaltim untuk memberikan program pelatihan khusus kepada generasi muda Kaltim yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan, agar dapat terlibat dalam proyek IKN. “Jangan hanya menunggu tapi menjemput bola, bahkan kalau perlu generasi muda Kaltim ini dilatih dipersiapkan untuk bekerja di IKN, sehingga putra-putri Kaltim bisa terlibat dan merasakan hasilnya dari pembangunan IKN,” ujarnya.

Baca juga  Dispar Kukar Bakal Gelar Pelatihan Pengelolaan Wisata untuk Pokdarwis

Selain itu, Ely juga menyarankan Pemprov Kaltim untuk mendata dan canangkan regulasi terkait keterlibatan pengusaha lokal dalam IKN, agar mengetahui dengan rinci, partisipasi hingga serapan ekonomi pengusaha lokal. “Kalau perlu dibuat aturan melibatkan tenaga kerja lokal yang mengatur jumlah perusahaan lokal yang terlibat dalam IKN. Kita harus bisa ikut berperan dan mendapatkan hasilnya di IKN. Supaya tidak terdengar lagi nada-nada miring soal tenaga kerja,” tegasnya. (Tik/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Baca juga  DPRD Kaltim Usulkan Pembangunan Bendung Gerak Sungai Talake Dilakukan oleh Pemprov
Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved