Search
Close this search box.

Samsun Soroti Kematian Ikan Toman di Kukar, Minta Hasil Uji Laboratorium

Benuanta.id – Fenomena kematian massal ratusan ikan toman di perairan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi sorotan. Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar untuk segera menyelidiki penyebabnya.

Samsun mengatakan, DPRD Kaltim hanya dapat memberikan imbauan dan pengawasan kepada OPD teknis terkait kasus ini, karena urusan penanganan perikanan menjadi wewenang instansi terkait. “Paling DPRD hanya mengimbau agar OPD teknis segera bertindak, dan memberikan dorongan maupun pengawasan agar kasusnya selesai,” ujarnya, kepada wartawan di Samarinda, belum lama ini.

Baca juga  Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Ketahanan Farmasi Nasional, Dukung Produk Lokal dan Jamu

Samsun menambahkan, pentingnya menunggu hasil uji laboratorium yang sedang dilakukan oleh DKP Kukar untuk mengetahui penyebab kematian ikan toman. Hasil uji laboratorium akan menentukan apakah kematian ikan toman disebabkan oleh pencemaran atau faktor lainnya.

Baca juga  Edi Damansyah Minta Perusahaan Optimalkan CSR untuk Pembangunan Daerah

Politikus asal PDIP itu juga menekankan perlunya akuntabilitas dalam menangani kasus ini. Ia mengatakan, jika terbukti ada pencemaran, maka pihak yang mencemari harus bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan. “Kalau pencemaran siapa yang mencemari. Kalau ada pencemaran harus ada yang tanggung jawab,” tegasnya. (Tik/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Hosting Murah

Baca juga  Dewan Dorong Pemprov Kaltim Bangun Gedung Berkualitas dan Berkelanjutan
Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved