Search
Close this search box.

Ely Hartati Dorong Pengembangan Sektor Potensial untuk Bangkitkan Ekonomi Kaltim

Benuanta.id – Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Ely Hartati Rasyid menilai, sejumlah sektor seperti pertanian, perkebunan, dan peternakan, memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Ely mengatakan, sektor-sektor tersebut dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Sektor-sektor ini memiliki dampak positif, bisa mengurangi tingkat pengangguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal,” ujar Ely.

Ely melanjutkan, pemerintah daerah juga turut mendukung pengembangan sektor-sektor tersebut dengan memberikan insentif dan bantuan kepada petani dan pekebun, serta mengembangkan kelompok-kelompok peternak.

Baca juga  Ketua Komisi II DPRD Kaltim: Hotel Atlet Tetap Fungsikan Sebagai Hotel

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi ketergantungan terhadap impor, serta menjaga keberlanjutan pasokan pangan lokal,” tutur Ely.

Ely juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk terus memberikan dukungan dan insentif kepada para petani, pekebun, dan peternak di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Sektor pertanian dan perkebunan di Kukar dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah serta memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kaltim,” tandasnya.

Ely menilai, Kukar memiliki potensi besar di bidang pertanian dan perkebunan. Hal ini didukung oleh kondisi geografisnya yang subur dan ketersediaan lahan yang luas.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Kaltim, luas lahan pertanian di Kukar mencapai 263.900 hektare. Lahan tersebut sebagian besar digunakan untuk tanaman pangan, seperti padi, jagung, dan cabai.

Baca juga  Kukar Siapkan CPP untuk Antisipasi Gagal Panen Akibat Kemarau

Sementara itu, luas lahan perkebunan di Kukar mencapai 224.000 hektare. Lahan tersebut sebagian besar digunakan untuk tanaman perkebunan, seperti kelapa sawit, karet, dan kakao.

Ely berharap, pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di Kukar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. (Tik/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved