Search
Close this search box.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Apresiasi Tradisi Tanam Padi Gunung Kampung Putak di Kukar

Benuanta.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, mengapresiasi tradisi tanam padi gunung yang dilakukan oleh petani di Kampung Putak, Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Samsun mengatakan, tradisi tersebut dapat menjadi daya tarik wisata bagi Kukar. Selain itu, tradisi tersebut juga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Indonesia untuk melestarikan adat dan budaya.

Baca juga  Maklon Kosmetik dan Skincare: Solusi Praktis untuk Memulai Bisnis Kecantikan

“Saya mengikuti nugal padi yang tidak biasa, ditanam di lereng gunung yang terjal. Saya tak bisa berkata apa-apa lagi, petani di Kampung Putak patut mendapat empat jempol,” kata Samsun.

Samsun menjelaskan, Kampung Putak memiliki banyak potensi wisata, seperti Batu Dinding Tapa, air terjun jantur Bukit Sekilo, Goa Maria Bukit Rahmat, pentas seni tari Dayak Tunjung-Benuaq, kerajinan tangan Sulam Tumpar, dan pesta panen padi gunung dan Nutuq Bahapm.

Baca juga  Lapangan Mini Soccer Kukar Berhasil Raih Pendapatan Rp 500 Juta, Bakal Direnovasi Jadi Pusat Olahraga dan Bisnis

“Tradisi tanam padi gunung ini bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri. Apalagi, proses tanamnya cukup unik, yaitu dilakukan di lereng gunung yang terjal,” ujar Samsun.

Baca juga  Desa Sumber Sari Kukar Kembangkan Wisata Alam dan Agrowisata

Selain itu, Samsun juga berharap agar pemerintah daerah dapat mendukung pengembangan potensi wisata di Kampung Putak.

“Semoga pemerintah daerah bisa memberikan dukungan, baik dari segi infrastruktur maupun promosi,” kata Samsun. (Tik/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved