Search
Close this search box.

DPRD Kaltim Dorong Bankaltimtara Perluas Program Kredit Tanpa Bunga Melawan Rentenir

Benuanta.id – Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno, mendorong Bankaltimtara untuk memperluas program kredit tanpa bunga melawan rentenir ke seluruh kabupaten/kota di Kaltim.

Agiel mengatakan, program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha tanpa dibebani bunga tinggi.

“Program ini dapat menjadi salah satu upaya dalam memantapkan sektor perekonomian Kaltim, terutama di tengah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN),” kata Agiel.

Baca juga  DPRD Kaltim Dukung Pengembangan Sektor Pertanian, Targetkan Kaltim Jadi Lumbung Pangan

Agiel menjelaskan, program kredit tanpa bunga ini telah berjalan di Samarinda dan Kutai Kartanegara. Ia berharap program tersebut juga dapat diterapkan di 10 kabupaten/kota lainnya di Kaltim.

“Di Kutai Timur, Berau, dan Bontang, kredit tanpa bunga belum ada. Padahal, di sana pertumbuhan ekonomi ditunjang pertambangan dan perkebunan cukup besar. Itu butuh UMKM memenuhi kebutuhan di perkebunan dan pertambangan,” ujar Agiel.

Agiel menambahkan, Bankaltimtara juga perlu memberikan dukungan kepada pengusaha kecil yang membutuhkan peralatan penunjang usaha, seperti sektor percetakan.

“Pengusaha kecil banyak membutuhkan di daerah. Misalnya, ada pasar di Kecamatan Kongbeng, Kutai Timur, peredaran uang sampai sehari bisa Rp4-5 miliar. Yang dulunya pasar kecil tapi dikelilingi oleh perkebunan sawit yang penduduknya pekerja banyak, jadi luar biasa,” tuturnya.

Baca juga  Perguruan Tinggi di Kaltim Diminta Berperan Aktif dalam Pembangunan IKN

Agiel berharap, Bankaltimtara dapat segera merealisasikan program ini agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim. (Tik/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved