Search
Close this search box.

Belajar Bahasa Kutai di Sekolah, Upaya Pelestarian Budaya Kukar

Benuanta.id – Bahasa Kutai, bahasa daerah yang menjadi ciri khas masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar), akan segera masuk ke dalam kurikulum sekolah.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar sedang menyiapkan muatan lokal Bahasa Kutai yang akan diajarkan mulai tahun ajaran baru 2023-2024.

“Kami sedang menyusun buku ajar Bahasa Kutai dan mengecek kesiapan materi yang akan disampaikan,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kukar, Liliyanto Ismail, saat dikonfirmasi oleh wartawan, Senin (30/10).

Baca juga  Rendi Solihin: Festival Seni Budaya Nusantara di Loa Janan Sukses, UMKM Laris Manis

Liliyanto menambahkan, Bahasa Kutai akan diajarkan dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Rencananya, sebanyak 50 sekolah yang tersebar di 20 kecamatan di Kukar akan menerapkan muatan lokal ini.

Baca juga  PDN Kukar Resmi Dilantik, Edi Damansyah Berharap Jadi Inspirasi Generasi Muda

Untuk mendukung program ini, Disdikbud Kukar juga telah memberikan bimbingan kepada guru-guru di 16 sekolah yang menjadi pilot project. Tujuannya adalah untuk melestarikan Bahasa Kutai sebagai warisan budaya dan identitas masyarakat Kukar.

“Bahasa Kutai adalah bagian dari budaya kita yang harus kita jaga dan lestarikan. Dengan belajar Bahasa Kutai, kita bisa lebih mengenal dan menghargai budaya kita sendiri,” tutup Liliyanto. (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)

Baca juga  Disbun Kukar Luncurkan Program STD-B untuk Tingkatkan Mutu Kebun Sawit Petani
Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved