Search
Close this search box.

Pemerintah Kecamatan Loa Kulu Siapkan Lahan TPA Baru untuk Atasi Pembakaran Sampah

Benuanta.id – Masalah pembakaran sampah yang kerap dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera teratasi. Pasalnya, pemerintah kecamatan setempat telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru di Desa Jembayan Tengah.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengungkapkan, lahan yang akan dijadikan lokasi TPA baru tersebut merupakan milik pemerintah. Lokasinya juga jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

Baca juga  DiskopUKM Kukar Buka Klinik UMKM di 3 Kecamatan, Gratiskan Pengurusan NIB dan Pendampingan

“Kami sudah siapkan lahannya di Jembayan Tengah. Nanti di sana kita bangun TPA yang layak dan sesuai dengan standar lingkungan,” kata Ardiansyah, Kamis (26/10).

Menurutnya, pembangunan TPA baru ini sangat penting untuk mengurangi dampak negatif dari pembakaran sampah. Selama ini, masyarakat Loa Kulu banyak yang membakar sampah di pekarangan rumah mereka karena tidak ada tempat pembuangan yang memadai.

Baca juga  Kukar Bakal Naikkan TPP ASN di 2024

“Pembakaran sampah itu kan bisa menimbulkan polusi udara dan resiko kesehatan bagi warga. Makanya kami ingin segera bangun TPA baru ini agar masyarakat bisa membuang sampahnya dengan baik dan benar,” ujarnya.

Pemerintah kecamatan juga telah mendapat bantuan satu armada pengangkut sampah dari Pemkab Kukar. Dengan demikian, jumlah armada pengangkut sampah di Loa Kulu menjadi dua unit.

Baca juga  Disbun Kukar Luncurkan Program STD-B untuk Tingkatkan Mutu Kebun Sawit Petani

“Memang masih kurang sih, tapi setidaknya bisa mengurangi beban dari sampah yang ada. Kami juga sudah siapkan SDM yang akan bertugas mengangkut sampah di Loa Kulu,” pungkasnya. (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved