Search
Close this search box.

Planetarium Kukar Siap Beroperasi Lagi dengan Lensa Kamera Baru

Benuanta.id – Planetarium Kukar, salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akan segera beroperasi kembali setelah mendapatkan lensa kamera baru. Lensa kamera ini dibeli oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar melalui APBD Perubahan 2023.

Planetarium Kukar sempat tidak beroperasi karena alat lensa kamera yang rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, Dispar Kukar menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk membeli lensa kamera baru dari sebuah distributor di Bandung.

Baca juga  Tiga Perda Disahkan, Kaltim Perkuat Ketentraman dan Ketertiban, Ubah Bentuk Hukum Dua Perusda

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan, lensa kamera baru tersebut dipesan setelah ia melakukan studi banding ke planetarium di IAIN Semarang. Ia mendapatkan informasi tentang distributor lensa kamera dari pihak IAIN Semarang.

“Kami langsung menghubungi dan memesan lensa kamera tersebut. Kami berharap dengan adanya lensa kamera baru ini, planetarium dapat segera dioperasikan kembali dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung,” ujar Slamet, Selasa (10/10).

Baca juga  Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Akreditasi Fasilitas Kesehatan di Kaltim

Slamet menambahkan, planetarium memiliki nilai edukasi yang tinggi, terutama bagi anak-anak. Ia ingin mereka dapat belajar tentang benda-benda langit dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Baca juga  Kantor Desa Teluk Dalam Pindah ke Lokasi Strategis, Ini Rencana dan Anggarannya

Slamet juga berencana untuk mengembangkan ekosistem pariwisata di sekitar planetarium dengan melibatkan pelaku ekonomi kreatif, seperti seniman, UMKM, dan komunitas.

“Kami ingin membuat planetarium menjadi lebih hidup dan ramai dengan adanya pertunjukan seni, bazar, dan kegiatan lainnya. Ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” tutur Slamet (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved