Samsun: Kaltim Hadapi Tantangan Menyambut IKN, Perlu Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat

Benuanta.id – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun, mengatakan bahwa Kaltim akan menghadapi banyak tantangan jelang kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN). Namun di satu sisi, persiapan menyambut IKN juga harus segera dilakukan.

“Ada tantangan yang dihadapi Kaltim, misalnya persiapan infrastruktur yang mampu dan sarana pendukung sebelum IKN-nya beroperasi,” ujar Samsun.

Selain itu, Samsun juga mengatakan perlu adanya langkah strategis untuk diversifikasi ekonomi, khususnya pertanian yang melibatkan masyarakat lokal.

Baca juga  DPRD Kaltim Sambut Baik Rencana Hibah Jalan Gunung Lipan ke Pemkot Samarinda

“Hal ini tentu perlu keterlibatan masyarakat lokal sejak awal dan mengajak seluruh pihak untuk bersiap menghadapi masa depan yang semakin dekat dengan kedatangan IKN,” tambah dia.

Politisi dari PDI Perjuangan itu menyebut, penting untuk menghadirkan kolaborasi serta kerja sama antara pemerintah dan masyarakat di Kaltim. Harapannya, jika hal tersebut terealisasi akan lebih memudahkan ketika menghadapi tantangan di masa depan.

Baca juga  DPRD Kaltim Tindaklanjuti SE KPK, Tinjau Perencanaan APBD

Dari berbagai upaya yang sudah digencarkan, Samsun berharap wilayah IKN bisa dipersiapkan lebih matang. Termasuk mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan besar yang akan terjadi.

“Tentunya kami berharap agar wilayah ini lebih matang dan siap menghadapi perubahan besar yang akan datang,” ujar dia.

Baca juga  Encik Wardani dan Selamat Ari Wibowo Resmi Duduk di Karang Paci

Pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya untuk mempercepat pembangunan di IKN. Apalagi, 2024 nanti akan ada ribuan ASN yang bakal pindah ke IKN secara bertahap.

Pembangunan IKN dipastikan akan tetap ramah lingkungan dan disertai transportasi modern dan fasilitas pendukung. Berbagai fasilitas publik seperti supermarket, hotel, hingga rumah sakit pun akan segera dibangun. (Tik/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved