Benuanta.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatkan kenyamanan pengunjung di objek-objek wisata yang ada di daerah ini. Salah satunya dengan melakukan perbaikan fasilitas toilet dan jalan di beberapa lokasi wisata.
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta, mengatakan bahwa perbaikan fasilitas ini penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pengunjung. Ia mengatakan, toilet dan jalan merupakan fasilitas dasar yang harus tersedia di setiap objek wisata.
“Kita ingin pengunjung merasa nyaman dan betah saat berkunjung ke objek wisata kita. Toilet dan jalan yang bersih dan rapi akan menambah nilai plus bagi objek wisata kita,” ujar Ridha.
Selain perbaikan fasilitas, Dispar Kukar juga rutin memberikan pelatihan pengelolaan sampah kepada pengelola objek wisata. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan pengelola dalam mengelola sampah yang dihasilkan oleh aktivitas wisata.
“Kita ajarkan pengelola untuk memilah dan mengolah sampah plastik yang banyak ditemukan di objek wisata. Kita juga datangkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memberikan materi tentang pengelolaan sampah,” jelasnya.
Ridha berharap, dengan adanya perbaikan fasilitas dan pelatihan pengelolaan sampah, objek wisata di Kukar bisa menjadi lebih bersih, sehat, dan ramah lingkungan. Ia juga mengimbau kepada pengunjung untuk turut menjaga kebersihan objek wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)