Search
Close this search box.

Kukar Siapkan Bus Sekolah untuk Pelajar, Ditargetkan Beroperasi Tahun 2024

Benuanta.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana mengadakan bus sekolah untuk melayani angkutan pelajar di wilayahnya. Program ini didukung penuh oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.

Rendi mengatakan, bus sekolah sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kukar, terutama di daerah yang memiliki geografis luas dan infrastruktur konektivitas yang masih kurang. Ia berharap dengan adanya bus sekolah, pelajar yang belum layak berkendara bisa memiliki moda transportasi yang aman dan nyaman.

“Kita ingin meminimalisir rawannya angka kecelakaan yang membayangi pelajar. Banyak anak-anak kita yang membutuhkan moda transportasi. Saya yakin ini sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka,” kata Rendi saat menghadiri acara pelantikan Kepala Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Kulu, Selasa (17/10/2023).

Baca juga  Belajar Bahasa Kutai di Sekolah, Upaya Pelestarian Budaya Kukar

Kepala Dishub Kukar Ahmad Junaidi menjelaskan, bahwa program bus sekolah ini merupakan salah satu aspirasi masyarakat yang sering disampaikan kepada Bupati maupun Wakil Bupati. Untuk itu, pihaknya telah melakukan uji coba angkutan pelajar di Kelurahan Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong.

“Kami diminta untuk coba lakukan pendataan dulu. Seperti kecamatan-kecamatan mana yang memang membutuhkan bus sekolah. Kemudian datanya siapa yang perlu diangkut,” ujar Junaidi.

Baca juga  Komisi IV DPRD Kaltim Minta Pemprov Bentuk Satgas Atasi Masalah Lahan Sekolah

Junaidi menambahkan, bahwa di APBD-P tahun 2023 ini, Pemkab Kukar telah menganggarkan pengadaan untuk enam bus sekolah. Bus tersebut masih dalam pabrikasi dan kemungkinan akan diserahkan di bulan Desember dan beroperasi di tahun 2024.

“Bus sekolah ini akan mengangkut pelajar dari tingkat SD, SMP hingga SMA. Tipe angkutan pelajar ini merupakan bus dengan 30 kursi dan 19 kursi,” jelas Junaidi.

Baca juga  Masyarakat Kukar Protes Pengelolaan HGU PT Budi Duta, Komisi I DPRD Kaltim Turun Tangan

Junaidi juga mengatakan, bahwa pengelolaan bus sekolah akan diserahkan ke pemerintah kelurahan dan desa penerima bantuan. Namun, ia juga berharap penerima bantuan dapat menyiptakan swakelola.

“Saya berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk mensukseskan program bus sekolah ini. Kita akan atur konsep dan perkembangannya sesuai dengan keperluan masyarakat,” tutup Junaidi. (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved