Search
Close this search box.

Romadhony Apresiasi Program RLH, Minta PUPR-PERA Pilih Bahan Bangunan Berkualitas

Benuanta.id – Program Rumah Layak Huni (RLH) yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur mendapat apresiasi dari anggota Komisi III DPRD Kaltim, Romadhony Putra Pratama. Dhony menilai, program ini sangat membantu masyarakat pra sejahtera di Kaltim.

Dhony menjelaskan, bahwa program RLH telah memberikan manfaat bagi banyak warga di Kaltim. Terbukti, banyak warga pra sejahtera yang telah mendapatkan bantuan rumah layak huni.

“RLH sangat membantu warga, saya mengapresiasi hal itu, warga pra sejahtera di Samarinda mendapatkan bantuan,” jelas Dhony.

Baca juga  Kukar Siapkan Lima Kawasan Pertanian Terintegrasi untuk Jadi Lumbung Pangan Kaltim

Namun, Dhony juga pernah menerima keluhan dari salah satu warga. Pada masa-masa awal program RLH muncul, ternyata ada komplain karena bahan baku yang dipakai kurang berkualitas.

Walhasil, Dhony berusaha mengingatkan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR-PERA) Kaltim untuk bisa jeli dan memilih kualitas bahan bangunan yang terbaik.

“Jangan sampai sudah lama ditumpuk dimakan usia. Namun jika melihat perkembangannya, sudah mulai membaik,” jelasnya lagi.

Selain itu, Dhony juga mengapresiasi keikutsertaan sejumlah perusahaan dalam memberikan bantuannya di program RLH. Para perusahaan itu membantu lewat dana Corporate Social Responsibility (CSR). Selama ini, DPRD Kaltim terus bersuara agar jangan sampai perusahaan tak membangun daerahnya.

“Itu jadi atensi serius untuk Pemprov, kami selalu suarakan jangan sampai perusahaan tidak membangun daerahnya. Akhirnya hasil dari permintaan DPRD dan Pemprov, perusahaan banyak membantu,” tambah Dhony.

Baca juga  Komisi II DPRD Kaltim Soroti Aset Olahraga, Tiyo: Hotel Atlet Perlu Perombakan

Politisi dari PDI Perjuangan itu menilai, program RLH sangat memiliki manfaat untuk masyarakat Kaltim. Sebab masyarakat dari keluarga pra sejahtera juga bisa mendapat kenyamanan sekaligus meningkatkan kesejahteraannya.

“Rumah layak huni itu harus memiliki luas minimal 36 meter persegi, ada ruang tamu, ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan WC. Selain itu, rumah juga harus memiliki sumber air bersih, listrik, dan ventilasi yang baik,” tandasnya. (Kit/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved