Desa Buana Jaya Kukar Atasi Sampah dengan Tim Sukarela

Benuanta.id – Desa Buana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur, memiliki tim pengelola sampah yang dibentuk secara suka rela oleh masyarakat. Tim ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah yang menumpuk di desa tersebut.

Kepala Desa Buana Jaya, Frend Effendy, mengatakan bahwa tim pengelola sampah ini tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, tetapi juga membuka peluang pekerjaan baru bagi warga.

Baca juga  DiskopUKM Kukar Buka Klinik UMKM di 3 Kecamatan, Gratiskan Pengurusan NIB dan Pendampingan

“Tim ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah menjadi bahan baku yang bernilai ekonomis,” kata Frend Effendy.

Untuk mendorong partisipasi masyarakat, tim ini melakukan berbagai langkah, seperti sosialisasi, pendataan sampah, dan penyediaan fasilitas pengumpulan yang mudah dijangkau.

“Partisipasi masyarakat bukan hanya tentang menciptakan kesadaran, tapi juga menggali potensi lapangan kerja baru dalam pengelolaan sampah,” ujar Frend Effendy.

Frend Effendy juga menekankan pentingnya membangun sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi dan memberikan apresiasi serta insentif bagi masyarakat yang berperan aktif.

“Melibatkan masyarakat adalah kunci keberlanjutan dalam penanganan sampah dan menciptakan dampak positif jangka panjang,” pungkasnya. (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)

Baca juga  Kukar Pasang 2.450 Lampu Jalan, Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat
Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved