Search
Close this search box.

Komisi IV DPRD Kaltim Buka Diri untuk Kuliah Lapangan Mahasiswa

Mahasiswa Unmul Belajar Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi Kebijakan Publik

Benuanta.id – Komisi IV DPRD Kalimantan Timur membuka diri untuk menerima mahasiswa yang hendak melakukan kuliah lapangan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa tentang proses formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan publik di lembaga legislatif.

Belum lama ini, mahasiswa Prodi Administrasi Publik Universitas Mulawarman (Unmul) bertandang ke DPRD Kaltim untuk mempelajari berbagai hal. Mereka diajak untuk melihat langsung proses administrasi dan tata cara dinas pemerintah dikerjakan di lembaga parlemen.

Baca juga  Komisi IV DPRD Kaltim Pantau K3 di PT KFI Pasca Kebakaran

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub, mengatakan bahwa kegiatan study tour ini sangat penting untuk meningkatkan daya kritis mahasiswa.

“Kuliah lapangan memberikan pengalaman yang berbeda dibanding mendengarkan teori di ruang kelas. Di sini ada tataran praktisnya, ada empiriknya yang mereka temukan. Praktisnya seperti apa kesenjangan antara teori di bangku kuliah dengan kenyataan di lapangan,” ujar Rusman.

Baca juga  Kaltim Bidik 5 Emas Catur di PON XXI, Ini Kata Ketua Komisi IV DPRD Kaltim

Rusman yang juga seorang dosen di prodi tersebut mengaku sering membawa mahasiswa yang diajarnya untuk melihat langsung proses administrasi atau tata cara dinas pemerintah dikerjakan di lembaga parlemen.

Ia berharap, kegiatan study tour ini dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan memahami secara langsung bagaimana proses pembuatan kebijakan publik di DPRD Kaltim. (Tik/Ftr/Adv/DPRD Kaltim)

Baca juga  DPRD Kaltim Minta Pemprov Evaluasi Program RLH, Perhatikan Warga di Luar Lingkar Tambang
Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved