Search
Close this search box.

Kutai Kartanegara Fokus Peningkatan Jalan Pertanian

Benuanta.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah fokus pada proyek peningkatan jalan sepanjang 32,55 kilometer di wilayah tersebut. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan dan mendukung sektor pertanian. Pemerintah berharap proyek ini akan selesai pada akhir tahun 2023.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar saat ini tengah melakukan peningkatan pada delapan ruas jalan yang mendukung kegiatan pertanian. Proyek ini mencakup jalan-jalan yang berada di dalam dan di luar kawasan pertanian.

Baca juga  Disperindag Kukar Dorong IKM dan UMKM Masuk E-katalog

Menurut Kabid Bina Marga DPU Kukar, Restu Irawan, proyek ini mencakup jalan-jalan dengan fungsi tematik, seperti yang mendukung pertanian dan pariwisata.

Beberapa contoh proyek peningkatan jalan ini termasuk di Desa Manunggal Daya (Kecamatan Sebulu) dengan anggaran Rp 2,4 miliar, Desa Sukamaju (Kecamatan Tenggarong Seberang) sebesar Rp 1,9 miliar, dan Desa Bhuana Jaya (Kecamatan Tenggarong Seberang) dengan anggaran sebesar Rp 4 miliar.

Peningkatan jalan ini juga melibatkan Desa Bukit Pariaman, Desa Bukit Raya, Desa Ponoragan, Desa Panca Jaya, dan Jalan Taman Arum menuju Desa Sepakat.

Baca juga  Pemkab Kukar Fokus Pembangunan Fasum, Jalan Desa Karya Jaya Siap Dinikmati Masyarakat

“Proyek ini telah mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 23,1 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023,” ungkap Restu.

Restu menjelaskan bahwa proyek ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan fungsi jalan, tetapi juga untuk mendukung pengembangan tematik di kawasan pertanian.

Baca juga  Desa Bendang Raya Siapkan Lumbung Pangan Kukar dengan Kembangkan Perkebunan

Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah kabupaten untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan utama bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kawasan seperti Sebulu-Muara Kaman memiliki banyak jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk aktivitas pertanian, dan fokus utama kita adalah di Tenggarong Seberang,” tutupnya. (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved