Search
Close this search box.

Messi Menangi Ballon d’Or 2023, Raih Rekor Delapan Kali

Benuanta.id – Lionel Messi resmi memenangkan Ballon d’Or 2023, menjadikannya pemain pertama yang memenangkan penghargaan tersebut delapan kali.

Messi mengalahkan Erling Haaland dari Manchester City untuk penghargaan tersebut. Haaland mencetak 52 gol musim lalu saat membawa Man City meraih treble winners.

Messi mencetak 21 gol dalam 41 penampilan musim lalu saat Paris Saint-Germain mempertahankan gelar Ligue 1 sebelum pindah ke Inter Miami awal tahun ini.

Sejak pindah ke AS, ia telah mencetak 11 gol dalam 14 pertandingan untuk Miami, membantu tim tersebut memenangkan trofi pertamanya, Piala Liga.

Namun, ia melewatkan beberapa pertandingan karena cedera di akhir musim reguler MLS dan harus puas melihat tim asuhan Gerardo “Tata” Martino gagal mendapatkan tempat playoff.

Baca juga  Loa Janan Juara Bupati Cup 2023, Unggul Tipis 2-1 Atas Muara Badak

Penampilan Messi di Piala Dunia pada akhir tahun 2022 lah yang membuatnya mendapatkan Ballon d’Or kedelapan, saat Argentina mengakhiri penantian 36 tahun untuk dinobatkan sebagai juara dunia untuk ketiga kalinya.

Messi, sebagai kapten, berperan penting dalam kesuksesan Argentina di Qatar, mencetak tujuh gol dan membuat tiga assist saat ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen.

Dia mencetak dua gol di final dan sekali lagi dalam adu penalti melawan Prancis saat tim Lionel Scaloni mengalahkan salah satu pertandingan paling berkesan dalam sejarah kompetisi tersebut.

Baca juga  Andi Imran, Pembalap Samarinda Raih Podium di Honda Dream Cup 2023

Pada usia 36 tahun empat bulan, Messi juga menjadi pemain tertua kedua yang pernah memenangkan Ballon d’Or, menggantikan pemenang tahun lalu Karim Benzema.

Hanya pemenang perdananya, Stanley Matthews pada tahun 1956, yang lebih tua ketika ia memenangkannya pada usia 41 tahun.

Enam Ballon d’Or pertama Messi dimenangkan saat ia bermain untuk Barcelona, di mana ia adalah pencetak gol terbanyak dan pemegang penampilan terbanyak klub.

Sementara ia memenangkannya untuk ketujuh kalinya tak lama setelah bergabung dengan PSG pada tahun 2021 menyusul kesuksesan Copa America bersama Argentina.

Kemenangan Messi ini memecahkan rekornya sendiri sebagai pemain dengan Ballon d’Or terbanyak. Ia juga menjadi pemain pertama yang memenangkan penghargaan tersebut setelah memenangkan Piala Dunia.

Baca juga  Eden Hazard Umumkan Gantung Sepatu

Messi dinobatkan oleh panel juri yang terdiri dari 180 jurnalis olahraga dari seluruh dunia.

“Saya sangat senang dan bangga dengan ini,” kata Messi dalam pidato penerimaannya. “Ini adalah penghargaan yang luar biasa.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua rekan satu tim saya, baik di klub maupun di tim nasional, karena mereka membuat ini mungkin.

“Dan saya juga ingin berterima kasih kepada keluarga saya, yang selalu mendukung saya.

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved