Search
Close this search box.

IPA Sepaku Semoi, Sumber Air Minum IKN yang Ditarget Beroperasi Juni 2024

Benuanta.id – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa IPA Sepaku Semoi di Kaltim akan menjadi sumber air minum utama bagi penduduk IKN. Proyek IPA tersebut ditargetkan selesai dan beroperasi pada Juni 2024.

“IPA Sepaku Semoi ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat IKN. Oleh karena itu, kami mengawasi pembangunannya secara ketat dan teliti,” kata Basuki dikutip Antara, Jumat (19/1).

Basuki menambahkan bahwa konstruksi IPA Sepaku Semoi harus dilakukan dengan cepat dan berkualitas, sesuai dengan desain yang telah ditetapkan. IPA tersebut memiliki kapasitas 300 liter/detik yang bersumber dari Sungai Sepaku.

Baca juga  Jokowi Dukung PPATK Awasi Dana Kampanye Pemilu 2024

Selain itu, IPA Sepaku Semoi juga dilengkapi dengan dua reservoir induk berkapasitas 6.000 m3 dan bangunan pendukung lainnya. IPA tersebut akan terhubung dengan jaringan perpipaan sepanjang 20 km menuju KIPP IKN.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengungkapkan bahwa pembangunan IPA Sepaku Semoi tahap 1 dikerjakan oleh PT Adhi Karya-PT Brantas Abipraya KSO sebagai kontraktor dan KSO PT Virama Karya-Areng MP-PT Waseco Tirta sebagai konsultan. Anggaran yang dikeluarkan untuk proyek ini sebesar Rp328,18 miliar.

“Kami terus memantau progres pembangunan IPA Sepaku Semoi. Sampai saat ini, progresnya sudah mencapai 28,8 persen. Kami optimis bisa mengoperasikannya pada Juni 2024,” ujar Diana.

Baca juga  Rendi Solihin Raih JMSI Award 2024, Ini Alasannya

Diana menjelaskan bahwa IPA Sepaku Semoi dibangun sesuai dengan Perpres Nomor 63 Tahun 2022 tentang Rencana Induk IKN. Perpres tersebut mengatur bahwa strategi pengelolaan air minum harus memastikan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas air minum yang aman dan memadai bagi penduduk IKN.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved