Search
Close this search box.

Ini Jadwal dan Kuota Seleksi Petugas Haji Daerah 2024, Simak Rincian Fungsinya

Benuanta.id – Kementerian Agama (Kemenag) akan segera membuka seleksi untuk petugas haji daerah (PHD) 2024. Seleksi ini bertujuan untuk memilih calon-calon petugas yang profesional dan kompeten dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji.

Seleksi PHD 2024 akan digelar pada Januari 2024. Ada 1.572 kuota yang tersedia untuk tiga fungsi PHD, yaitu: Pelayanan Umum, Pelayanan Bimbingan Ibadah, dan Pelayanan Kesehatan. Kuota ini sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Bina Haji Arsad Hidayat dalam Rapat Koordinasi Rekrutmen PHD 1445 H/2024 M yang digelar di Jakarta, Selasa (12/12) kemarin. Rapat ini dihadiri oleh Staf Ahli Menag Bidang Hukum dan HAM, Abu Rokhmad, Staf Khusus Bidang Pengawasan dan Hukum, Abdul Qodir, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Ahmad Abdullah, serta perwakilan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri dan Itjen Kemenag RI. Rapat ini juga diikuti oleh para Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi seluruh Indonesia dan para Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag seluruh Indonesia.

Baca juga  Budisatrio: Program Beras Saset Tidak Cukup Efektif, Perlu Bibit Unggul untuk Jaga Pasokan Beras

Dalam sambutannya, Staf Ahli Menag Abu Rokhmad menekankan pentingnya keterpaduan PHD dengan petugas kloter mulai dari proses Bimbingan Teknis hingga pada saat memberikan layanan kepada jemaah haji di Arab Saudi. “PHD harus bersinergi dengan petugas kloter mulai dari tanah air sampai di Arab Saudi,” ujarnya.

Baca juga  Calon Hakim Agung Ainal Mardhiah: Hukuman Mati Tetap Diberlakukan untuk Bandar Narkoba

Arsad Hidayat berharap kinerja PHD tahun 2024 akan lebih baik sehingga mampu meningkatkan layanan kepada jemaah haji. Apalagi, di operasional haji tahun 2024 terdapat lebih dari 45 ribu jemaah haji lansia yang akan diberangkatkan ke tanah suci. “Mudah-mudahan kinerja PHD tahun 2024 akan lebih baik sehingga mampu mendongkrak layanan kepada jemaah haji apalagi di operasional haji tahun 2024 terdapat lebih dari 45 ribu jemaah haji lansia yang akan diberangkatkan ke tanah suci,” tuturnya.

Baca juga  UMKM Kaltim Diminta Sigap Tangkap Peluang Investasi di IKN

Dalam rapat ini, dibahas beberapa hal teknis terkait proses seleksi, misalnya: rambu-rambu seleksi PHD, proses yang jelas dan terukur, serta meminimalisir kesulitan dalam proses pelaksanaan seleksi. Seleksi PHD dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved