Search
Close this search box.

Swasembada Gula, Pemerintah Siapkan Lahan 1 Juta Hektare di Papua

Benuanta.id – Pemerintah berencana menyiapkan lahan seluas satu juta hektare di Papua untuk meningkatkan produksi gula nasional. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

“Kami membahas masalah industri gula. Di Papua, kami siapkan lahan kurang lebih satu juta hektare,” kata Amran di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Amran menjelaskan, lahan tersebut terbuka untuk investor dalam dan luar negeri yang ingin membangun pabrik gula di Indonesia. Saat ini, sudah ada investor yang mulai menanam tebu di Papua.

Baca juga  Pemilu 2024 Berpotensi Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Asal Aman dan Damai

“Beberapa investor dari luar dan dalam negeri sudah berminat untuk membangun pabrik gula di Papua. Dengan demikian, insyaallah kita bisa swasembada gula di masa depan,” ujarnya.

Amran mengatakan, untuk mencapai swasembada gula, dibutuhkan 20 sampai 30 pabrik gula dengan kapasitas 12 ribu ton tebu per hari atau 12 ribu TCD. Berdasarkan pengalaman membangun 10 pabrik gula sejak tahun 2014 hingga 2019 atas arahan Presiden Jokowi, Amran mengatakan biaya pembangunan satu pabrik gula berkapasitas 12 ribu TCD sekitar Rp2,5 triliun hingga Rp3,5 triliun.

Baca juga  Segera Terima Beasiswa PIP 2024, Siswa Madrasah Dapat Bantuan Rp 1,3 Triliun

“Satu pabrik gula berkapasitas 12 ribu TCD membutuhkan biaya sekitar Rp2,5 triliun sampai Rp3 triliun,” katanya.

Amran menambahkan, jika produksi gula nasional sudah bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri, tebu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat bioetanol.

“Kalau swasembada gula sudah tercapai bahkan ekspor, kita bisa membuat bioetanol, bersinergi dengan Pertamina,” tuturnya.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved