Search
Close this search box.

Kaleidoskop Kukar 2023: Transformasi Kota Raja melalui Kukar Idaman Edi-Rendi

Benuanta.id – Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) di bawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin berfokus pada pembangunan dan peningkatan layanan. Program unggulan Kukar Idaman menggarisbawahi komitmen mereka terhadap perubahan positif di berbagai sektor.

Seluruh perjalanan pembangunan di Kota Raja sepanjang tahun 2023 ini terangkum dalam Kaleidoskop Kukar sebagai berikut;

Peningkatan Infrastruktur: Membangun Jaringan dan Menerangi Desa-Desa

Pemkab Kukar dengan giat meningkatkan infrastruktur, terutama jalan dan penerangan umum di desa-desa terluar. Salah satu contohnya adalah peningkatan jalan dan pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja. Hingga saat ini, 2.450 LPJU telah terpasang, mencapai 85 persen dari target. Fokus juga diberikan pada infrastruktur pesisir, termasuk peremajaan dermaga.

Program Terang Kampongku dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar bertujuan untuk menyediakan listrik 24 jam di 17 desa, terutama yang belum teraliri listrik secara penuh. Sumber listrik berasal dari PLN dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal. Meskipun telah ada kemajuan, beberapa desa masih dalam tahap pembangunan.

Baca juga  Rendi Solihin Terima JMSI Award 2024, Ketua JMSI Kukar: Beliau Inspirasi Bagi Pemuda Daerah

Pertanian Terintegrasi: Kukar sebagai Lumbung Pangan

Program Makmur Idaman mendukung optimalisasi sektor pertanian. Lima kawasan pertanian terintegrasi di enam kecamatan diharapkan mampu menjadi lumbung pangan bagi IKN Nusantara dan Kalimantan Timur. Kawasan ini mencakup sektor sawah, hortikultura, peternakan, dan perikanan, dilengkapi dengan infrastruktur pendukung.

Pemkab Kukar juga memberikan bantuan alsintan dan pupuk kepada petani untuk meningkatkan produktivitas. Upaya ini menunjukkan komitmen mereka terhadap peningkatan sektor pertanian dan pemberdayaan petani.

Sektor Perikanan: Mendukung Nelayan dan Budidaya Produktif

Program Kukar Idaman memberikan perhatian khusus pada sektor perikanan. Sarana dan prasarana perikanan ditingkatkan untuk mendukung nelayan tangkap dan budidaya di Kota Raja. Pembangunan infrastruktur perikanan di Kecamatan Samboja senilai Rp 15 miliar menjadi salah satu langkah signifikan dalam mendukung sektor ini.

Pabrik pakan ikan di Loa Kulu juga direncanakan untuk mengatasi kendala harga pakan ikan yang tinggi. Program ini sejalan dengan janji Edi-Rendi untuk memfasilitasi 25.000 nelayan dan pembudidaya produktif di Kukar melalui Program Kukar Idaman.

Baca juga  Ledakan Dahsyat di Pabrik Nikel Kukar, 1 Pekerja Asing Tewas

Pendidikan dan Kesehatan: Investasi dalam Kualitas SDM

Pemkab Kukar berkomitmen meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sektor pendidikan dan kesehatan. Program 1.000 guru sarjana di tahun 2023 bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Beasiswa Kukar Idaman juga disalurkan untuk mendukung peserta didik melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Dalam sektor kesehatan, Pemkab Kukar memperbaiki 806 posyandu dan merampungkan pembangunan Rumah Sakit Muara Badak. Meskipun masih memerlukan beberapa persyaratan sebelum beroperasi, rumah sakit ini akan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pariwisata Kukar: Mewarnai dengan Festival dan Pengembangan Objek Wisata

Pemkab Kukar terus mengoptimalkan sektor pariwisata dengan pengembangan objek wisata unggulan seperti Pulau Kumala. Rencana penambahan sarana Waterboom dan tempat penginapan di Pulau Kumala diharapkan meningkatkan daya tarik wisatawan.

Baca juga  Kukar Siapkan CPP untuk Antisipasi Gagal Panen Akibat Kemarau

Kegiatan festival yang terus digelar, termasuk Wonderful Kukar 2023, memberikan warna baru pada pariwisata Kukar. Festival-festival tersebut tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan dampak positif pada perekonomian Kota Raja.

Prestasi dan Penghargaan: Pemkab Kukar sebagai Pionir Inovasi

Pemkab Kukar meraih berbagai penghargaan sepanjang tahun 2023, mencakup inovasi pelayanan publik, kesehatan, dan kebijakan strategis. Penghargaan dalam Rakornas P2DD menunjukkan prestasi tingkat nasional, memperkuat citra Kukar sebagai daerah berpotensi dan inovatif.

Pemkab Kukar juga dinobatkan sebagai TP2DD terbaik di Kalimantan dan memiliki program unggulan P2DD terbaik melalui inisiatif “Program Si Pajol Betijak”. Penghargaan dari KIPP 2023 dan Adinkes 2023 menegaskan dedikasi Pemkab Kukar dalam memberikan pelayanan publik terbaik dan mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Dengan segala upaya dan prestasi ini, Pemkab Kukar terus menjadi pionir dalam mewujudkan visi Kukar Idaman untuk Kota Raja yang maju dan berdaya saing.

Hosting Murah

Berita Terbaru
Kutai Kartanegara,Kaleidoskop Kukar,Rendi Solihin,kutai kartanegara tenggarong,Benuanta

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved