Search
Close this search box.

Diskominfo Kukar Serahkan 247 Berkas Arsip Statis ke DPK Kukar, Ini Tujuannya

Benuanta.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyerahkan 247 berkas arsip statis kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kukar, Senin (11/12).

Penyerahan arsip statis ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan peraturan pelaksanaannya.

Sekretaris Kominfo Kukar, Solihin, mengatakan, penyerahan arsip statis ini dilakukan untuk menyusutkan arsip yang telah dihasilkan dari berbagai kegiatan di Kominfo Kukar.

“Tujuannya adalah agar penyelenggaraan kearsipan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, arsip statis ini juga memiliki nilai guna historis dan akuntabilitas kinerja Kominfo bagi generasi saat ini dan yang akan datang,” ujar Solihin.

Baca juga  Bupati Kukar Edi Damansyah Rilis Buku Kedua "Mengayuh Waktu Membangun Kutai Kartanegara"

Solihin menambahkan, arsip statis yang diserahkan berjumlah 247 berkas yang terdiri dari 70 boks. Arsip statis adalah arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna administratif, tetapi masih memiliki nilai guna ilmiah, sosial, budaya, atau sejarah.

Penyerahan arsip statis ini disambut baik oleh Kepala DPK Kukar, Aji Lina Rodiah. Ia mengucapkan terima kasih kepada Kominfo Kukar yang telah menyerahkan arsip statisnya kepada DPK Kukar sebagai Lembaga Kearsipan Daerah.

“Kami akan melakukan penataan, perawatan, dan pemeliharaan arsip statis ini sesuai dengan standar kearsipan. Kami juga berharap OPD lainnya dapat menyerahkan arsip statisnya kepada kami sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Aji.

Aji menjelaskan, penyerahan arsip statis ini juga bermanfaat bagi OPD untuk menghemat ruang penyimpanan dokumen. Arsip yang lama disimpan di OPD akan menumpuk dan memakan tempat. Dengan menyerahkan arsip statis, OPD dapat menyimpan dokumen-dokumen baru dengan lebih rapi dan terbarukan.

Baca juga  Rendi Solihin Salurkan 327 Tandon Air Bersih untuk Masyarakat Muara Badak

“Penyerahan arsip statis ini bukan berarti membuang sampah. Ada persyaratan dan regulasi yang harus dipenuhi oleh arsip yang akan diserahkan. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada setiap OPD untuk tidak sembarangan menyerahkan arsip, tetapi harus melalui tahapan identifikasi dan verifikasi,” tutup Aji.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved