Search
Close this search box.

Kukar Gelar Sosialisasi Rumah Ibadah Ramah Anak, Dorong Anak-Anak Beribadah dan Bersosialisasi

Benuanta.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar sosialisasi Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA) pada Lembaga Keagamaan Kukar, di hotel Grand Elty Singgasana, Senin (4/12).

Sosialisasi yang diikuti para pengelola rumah ibadah lintas agama ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelola rumah ibadah tentang RIRA, serta mendorong mereka untuk mengoptimalkan fungsi rumah ibadah untuk anak-anak.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono mengatakan, menghadirkan rumah ibadah yang ramah anak merupakan keniscayaan.

“Pertemuan yang kita laksanakan saat ini merupakan agenda penting dan sangat mendasar, yang selanjutnya akan menjadi pijakan bagi pengembangan rumah ibadah ramah anak,” kata Sunggono.

Baca juga  Kaleidoskop Kukar 2023: Transformasi Kota Raja melalui Kukar Idaman Edi-Rendi

Ia berharap, selain fungsi utama untuk kegiatan ibadah, setiap pengurus rumah ibadah dapat pula mengoptimalkan fungsi rumah ibadah yang dikembangkan menjadi tempat anak-anak berkumpul dan melakukan kegiatan positif, inovatif, kreatif, dan rekreatif.

“Kita juga berharap agar masing-masing rumah ibadah, memiliki sistem pelayanan holistik dan menjamin pemenuhan hak anak, termasuk melindungi anak dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi anak, kerentanan, dan diskriminasi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Sosialisasi RIRA, Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3A Kukar Nurul Fitrianingsih mengatakan, peserta sosialisasi ini kurang lebih 40 peserta yang terdiri para pengelola rumah ibadah lintas agama di Kecamatan Tenggarong.

Ia berharap, peserta aktif dalam diskusi dan sharing pengalaman supaya rumah ibadah di Kukar ini tidak hanya sebagai tempat peribadatan, namun juga sebagai tempat berkegiatan dan nyaman bagi anak-anak.

Baca juga  Program Kampung Raja Mapan Besutan Edi-Rendi Raih Penghargaan KemenPAN-RB

“Kegiatan ini bertujuan bagaimana menciptakan Kutai Kartanegara menjadi kabupaten sayang anak yang nanti akan dimulai pada bulan Maret 2024,” ujarnya.

Dalam sosialisasi ini, para peserta mendapatkan materi tentang pentingnya RIRA, serta contoh-contoh penerapan RIRA di rumah ibadah lain.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved