Search
Close this search box.

Perputaran Rupiah di Wonderful Kukar 2023 Capai Rp 7 miliar

Benuanta.id Festival Wonderful Kukar 2023 yang digelar selama dua hari, 2-3 Desember di Lapangan L3 Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Sebarang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sukses mendongkrak perputaran ekonomi di daerah tersebut.

Berdasarkan estimasi Dinas Pariwisata Kukar, perputaran ekonomi selama pelaksanaan festival mencapai Rp 7 miliar. Angka ini diperoleh dari hasil survei terhadap para pedagang dan pelaku UMKM yang berjualan di sekitar lokasi acara.

“Ratusan pedagang yang berjualan di sekitar lokasi acara, rata-rata meraup penghasilan mencapai Rp 5-6 juta,” kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Kukar, David HK.

Selain itu, lahan-lahan parkir yang dikelola masyarakat juga turut menyumbang perputaran ekonomi. Hasil survei menunjukkan, lahan parkir mampu meraup penghasilan mencapai Rp 1,3 juta lebih.

Baca juga  Pemuda Asal Blitar Ditangkap Bawa Sabu di Muara Kaman

“Artinya, masyarakat sekitar juga mendapatkan manfaat yang besar dari event-event seperti ini, dagangan mereka laku keras,” ujar David.

Para pedagang dan pelaku UMKM memang mendapatkan banyak berkah dari festival kali ini. Penghasilan yang didapatkan mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa berjualan.

“Alhamdulillah ramai ini, ya biasanya saya kalau event seperti pasti saya datangi. Kalau untuk penghasilan, pasti ada peningkatan dari hari biasanya,” ucap Akhmad Mujianto, salah satu pedagang.

Sama halnya dengan Akhmad Mujianto, Andre juga mengaku mendapatkan penghasilan yang cukup besar saat berjualan di Wonderful Kukar 2023. Dia menilai, dagangannya kerap habis ketika yang datang artis dan band besar.

“Kalau yang datang seperti Denny Caknan, Mr Jono & Joni, itu pasti habis datangan. Kalau sekarang, ya lumayan lah,” tuturnya.

“Semoga acara-acara seperti ini lebih banyak lagi digelar, karena lumayan meningkat pendapatan kami,” sambungnya.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, mengatakan seluruh event yang diselenggarakan pemkab memang diperuntukkan bagi peningkatan perekonomian masyarakat, selain sebagai hiburan rakyat.

Baca juga  Diskominfo Kukar Serahkan 247 Berkas Arsip Statis ke DPK Kukar, Ini Tujuannya

“Jadi hiburannya kita dapat, perekonomian juga meningkat, ini tidak hanya berefek terhadap UMKM, pedagang sekitar di lokasi acara, tapi hingga ke penginapan dan perhotelan,” jelasnya.

Rendi memastikan Kukar Kaya Festival kembali dilanjutkan pada 2024 dengan konsep dan acara yang lebih meriah.

“Dengan banyaknya manfaat dari event-event seperti ini, tentu menjadi bahan pertimbangan kami untuk melanjutkan Program Kukar Kaya Festival di tahun depan,” ujar Rendi.

Hosting Murah

Berita Terbaru
Wonderful Kukar 2023

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved