Search
Close this search box.

Kemenkop-UKM Siap Dampingi Kukar Kembangkan Hilirisasi Pertanian

Benuanta.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) Republik Indonesia siap mendukung pembangunan dan pengembangan hilirisasi sektor pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang UKM Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman, saat mengunjungi Kukar pada Senin (2/10).

Dalam pertemuan dengan Bupati Kukar, Edi Damansyah, Hanung menyatakan bahwa Kemenkop-UKM akan memberikan pendampingan kepada Pemkab Kukar dalam pembangunan pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak dan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu.

Baca juga  Pemkab Kukar Canangkan Bangun Pabrik Pakan Ikan untuk Atasi Mahalnya Harga

“Pembangunan kedua pabrik ini diharapkan dapat membawa kesejahteraan kepada petani lokal dan menggairahkan perekonomian masyarakat setempat,” kata Hanung.

Pembangunan pabrik industri rumput laut di Muara Badak saat ini tengah dalam tahap lelang. Oleh karena itu, Pemkab Kukar meminta bantuan dari Kemenkop-UKM untuk memastikan proses lelang berjalan lancar.

Baca juga  Dukung Kegiatan Keagamaan, Bupati Edi Damansyah Beri Hibah Rp150 Juta untuk Masjid Al Ikhlas

Sementara itu, pembangunan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya masih dalam tahap perencanaan. Kemenkop-UKM akan memberikan pendampingan kepada Pemkab Kukar dalam menyusun rencana pembangunan pabrik tersebut.

“Kami akan mengutus tim kami untuk memberikan pendampingan yang dibutuhkan,” ujar Hanung.

Komitmen ini membuktikan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung pengembangan sektor pertanian di Kukar. Dengan bantuan dan dukungan yang bersinergi, diharapkan sektor pertanian di Kukar dapat mencapai potensinya yang penuh, membawa kemakmuran bagi petani, dan mengangkat ekonomi masyarakat setempat ke tingkat yang lebih tinggi. (Nfl/Ftr/Adv/Diskominfo Kukar)

Baca juga  Ketua TP-PKK Kukar Haru Terima Cendera Mata Daur Ulang dari TP-PKK Kota Bangun
Hosting Murah

Berita Terbaru
Kemenkop-UKM Dukung Hilirisasi Pertanian Kukar

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved