Search
Close this search box.

Kunjungan Wisman ke Kalimantan Utara Capai 422.371, Ini Destinasi Favoritnya

Benuanta.id – Kalimantan Utara menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara (wisma). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Utara, jumlah kunjungan wisman ke provinsi ini periode Januari-Oktober 2023 mencapai 422.371 kunjungan.

Angka tersebut didapat dari perhitungan metode Mobile Position Data (MPD) yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Telkomsel. Metode ini digunakan untuk menghitung jumlah wisman yang masuk melalui Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat di Pintu Keimigrasian.

“Selain melalui PLB, ada juga wisman yang masuk melalui pintu keimigrasian. Jumlahnya sebanyak 17.695 kunjungan pada periode yang sama,” kata Kepala BPS Kalimantan Utara, Mas’ud Rifai, di Tanjung Selor, Senin (11/12).

Baca juga  Liga 3 Kaltara Segera Bergulir Desember 2023, Syarwani: Jadi Panggung Talenta Lokal

Mas’ud menjelaskan, wisman yang datang ke Kalimantan Utara sebagian besar berasal dari Malaysia, Singapura, dan Filipina. Pada Oktober 2023, tercatat 1.591 kunjungan wisman melalui pintu keimigrasian, dengan komposisi 42,36 persen dari Malaysia, 32,07 persen dari Singapura, dan 12,25 persen dari Filipina.

“Jumlah kunjungan wisman pada Oktober 2023 ini meningkat sebanyak dua kunjungan dibandingkan bulan sebelumnya (September) yang mencapai 1.589 kunjungan,” ujar Mas’ud.

Baca juga  Pemprov Kaltara Gelar Program Bebas Denda dan Diskon Pajak Kendaraan Bermotor

Mas’ud menambahkan, jumlah kunjungan wisman MPD ke Kalimantan Utara pada Oktober 2023 sebanyak 33.177 kunjungan. Secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman MPD ke Kalimantan Utara pada periode Januari-Oktober 2023 sebanyak 422.371 kunjungan.

“Angka ini sedikit menurun sebesar 3,89 persen dibandingkan periode yang sama 2022 yang tercatat sebanyak 439.478 kunjungan,” kata Mas’ud.

Salah satu daya tarik wisata Kalimantan Utara adalah Taman Nasional Hutan Kayan Mentarang atau Heart of Borneo. Taman nasional ini menawarkan keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Selain itu, wisata budaya atau kearifan lokal juga menjadi keunggulan Kalimantan Utara di mata wisman.

Baca juga  Jasad Korban Tenggelam di Sungai Semamu Malinau Ditemukan Setelah 3 Hari Pencarian

“Kami berharap, peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Kalimantan Utara dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah, seperti meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutup Mas’ud.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved