Search
Close this search box.

IKN Dongkrak Kunjungan Wisata Kaltim Tembus 8,36 Juta Orang di 2023

Benuanta.id – Kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) membawa angin segar bagi sektor pariwisata. Hal ini terbukti dengan lonjakan kunjungan wisatawan yang mencapai 8,36 juta orang pada tahun 2023, jauh melampaui target 2,3 juta.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Ririn Sari Dewi, mengatakan bahwa pembangunan IKN menjadi salah satu faktor utama yang mendorong peningkatan kunjungan wisatawan. “Banyak kegiatan yang digelar di Kaltim, termasuk di kota-kota besar seperti Samarinda dan Balikpapan, dan tentu saja pembangunan IKN,” kata Ririn.

Baca juga  PT PTB Terapkan Pelayanan Digital di STS Muara Berau

Selain pembangunan IKN, faktor lain yang turut mendorong kunjungan wisatawan adalah penyelenggaraan berbagai kegiatan nasional di Kaltim, seperti MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). “Kegiatan MICE ini biasanya diikuti oleh kelompok besar yang telah merencanakan perjalanannya dengan matang,” jelas Ririn.

Dari 8,36 juta kunjungan wisatawan, Samarinda menjadi destinasi terfavorit dengan 3,09 juta kunjungan, diikuti oleh Balikpapan (2,03 juta), dan Kutai Kartanegara (1,48 juta).

Di tahun 2024, Dispar Kaltim optimistis dapat menarik lebih banyak wisatawan dengan terus berbenah dan menyiapkan diri. “Kita harus menyiapkan berbagai kebutuhan dan penunjang dalam pengembangan sektor pariwisata,” ujar Ririn.

Baca juga  Pemerintah Mulai Pindahkan 3.245 ASN ke IKN pada Juli 2024
Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved