Search
Close this search box.

Koperasi KIM Raih Penghargaan di Forum Kapnas III Berkat Produk Sabut Kelapa

Benuanta.id – Koperasi Kriya Inovasi Mandara (KIM), mitra binaan program CSR PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), berhasil meraih penghargaan sebagai UMKM dengan varian produk terbanyak di Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III. Forum ini diselenggarakan oleh SKK Migas pada 24 November 2023 dan diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan industri hulu migas nasional.

Koperasi KIM menampilkan berbagai produk olahan dari sabut kelapa yang dihasilkan melalui program PUSAKA (Pemanfaatan Ulang Sabut Kelapa). Produk-produk tersebut antara lain pupuk organik, pot media tanam anggrek, cocopeat, cocofiber, cocomesh, cocoblock, coco matras, kerajinan topi, sepatu, gantungan kunci, tempat ATK, tisu, dan lampu tidur.

Baca juga  Pj Gubernur Kaltim Minta Keselarasan RPJPD 2025-2045

General Manager Zona 10 Avep Disasmita mengatakan bahwa program PUSAKA merupakan solusi atas persoalan limbah kelapa yang berlimpah di wilayah pesisir Tanjung Jumlai, Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. “Program ini dapat mengurangi dampak lingkungan berupa pengurangan emisi dan limbah, sekaligus meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Koperasi KIM Rusni Pebriyanti mengucapkan terima kasih kepada PHKT yang telah mendukung dan mendampingi program PUSAKA dan koperasi KIM. “Saat ini kami memiliki pengetahuan dan keterampilan baru untuk membuat produk-produk kerajinan dari sabut kelapa, yang sebelumnya terbatas,” katanya.

Manager Communication Relations & CID PT Pertamina Hulu Indonesia, Dony Indrawan menegaskan komitmen perusahaan untuk menjalankan operasi hulu migas yang ramah lingkungan dan patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan di bidang lingkungan. “Perusahaan juga senantiasa berkomitmen menjalankan program CSR yang mendukung pengembangan dan kemandirian masyarakat selaras dengan pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs,” tuturnya.

Baca juga  Veridiana Huraq Wang: Anggaran RLH Harus Ditingkatkan dan Dimeratakan

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) merupakan anak perusahaan PHI yang menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas di Wilayah Kerja East Kalimantan & Attaka di Kalimantan Timur. PHKT bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan demi mewujudkan #EnergiKalimantanUntukIndonesia.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved