Search
Close this search box.

WNI di Lebanon Siaga, Kemenlu Siapkan Strategi Evakuasi

Benuanta.id – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengantisipasi kemungkinan eskalasi konflik antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza yang berdampak pada Lebanon. Kemenlu sudah menyiapkan strategi evakuasi untuk warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Lebanon jika situasi memburuk.

“Kita tidak tahu situasi yang berkembang akan seperti apa, tetapi Pak Judha (Direktur Perlindungan WNI) sudah mulai menyiapkan exit strategy apabila situasi di perbatasan Israel-Lebanon memburuk yang berdampak kepada WNI,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam temu media di Jakarta, Rabu (27/12).

Baca juga  Indonesia Berkomitmen Capai Nol Emisi Karbon Sebelum 2060

Menurut Retno, jumlah WNI di Lebanon saat ini mencapai 217 orang, termasuk pasukan penjaga perdamaian Indonesia yang masih tetap berada di negara tersebut. Retno mengatakan, sejauh ini tidak ada perubahan mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap pasukan Indonesia di Lebanon.

“Kami tidak hanya melihat situasi di Gaza, tetapi juga negara-negara lain yang kemungkinan terdampak situasi di Gaza,” ujar Retno.

Konflik antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza telah meluas ke Lebanon sejak 7 Oktober 2023, ketika Hamas melancarkan serangan tak terduga ke Israel. Hal ini memicu ketegangan di perbatasan Lebanon-Israel, yang menjadi medan pertempuran antara Israel dan Hizbullah, kelompok perlawanan yang bersekutu dengan Iran.

Pada 21 Desember, Israel menyerang rumah warga di bagian selatan Lebanon, menewaskan seorang wanita lansia dan melukai suaminya, menurut kantor berita resmi Lebanon dan sumber keamanan. Serangan ini merupakan bagian dari upaya Israel untuk membalas serangan-serangan Hizbullah di Lebanon.

Baca juga  Jokowi dan PM Norwegia Bahas Kerja Sama Lingkungan hingga Situasi di Gaza

Reuters melaporkan, kematian wanita lansia itu menambah angka kematian sipil akibat serangan Israel di Lebanon selatan dalam beberapa pekan terakhir menjadi sekitar 20 orang, termasuk wartawan dan anak-anak. Sementara itu, Hizbullah mengklaim telah kehilangan lebih dari 100 pejuang dalam konflik saat ini dengan Israel. (Antara)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved