Search
Close this search box.

Sabu 31 Kg dan 100 Pil Ekstasi Diamankan di Nunukan, Kurir Dijanjikan Rp 10 Juta

Benuanta.id – Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) menggagalkan penyelundupan 31 kilogram sabu dan 100 butir pil ekstasi dari Malaysia pada Minggu (10/12). Penyelundupan itu terungkap setelah petugas menangkap seorang kurir yang membawa barang haram tersebut di perairan Kabupaten Nunukan.

Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia mengatakan, kurir yang ditangkap bernama MI, warga Toli-toli, Sulawesi Tengah. Dia mengaku mendapat tugas dari seseorang berinisial RR yang berada di Lahad Datu, Malaysia untuk mengantarkan sabu dan pil ekstasi ke Pare-pare, Sulawesi Selatan.

“MI diberi imbalan Rp 10 juta jika berhasil mengirimkan barang tersebut ke Pare-pare. Dia menggunakan perahu untuk menyeberang dari Malaysia ke Nunukan, lalu akan melanjutkan perjalanan dengan mobil,” kata Taufik, Selasa (12/12).

Baca juga  Modal Kikir Besi, Pria di Nunukan Curi Uang Toko

Taufik menjelaskan, penangkapan MI bermula dari informasi yang diterima personel Satpolair tentang adanya perahu yang membongkar muatan dengan gerak-gerik mencurigakan di Dermaga Lahan Batu Jalan Lingkar Nunukan. Petugas gabungan yang terdiri dari Satpolair, Bea dan Cukai, dan TNI AL kemudian mendatangi perahu tersebut dan menanyakan asal barang yang dibawa.

“MI mengaku barang-barang itu berasal dari Dermaga Bambangan Sebatik Barat, yang sebelumnya berasal dari Lahad Datu Malaysia. Kami curiga dan langsung mengamankan barang-barang itu untuk dilakukan pemeriksaan menggunakan mesin X-Ray di Pelabuhan Tunon Taka,” ujar Taufik.

Hasil pemeriksaan menunjukkan adanya barang yang mencurigakan di dalam sebuah drum plastik warna biru. Setelah dibongkar, petugas menemukan 31 bungkus plastik berukuran besar yang berisi sabu dan 100 butir pil ekstasi.

“Modus operandi yang dilakukan tersangka adalah membungkus sabu dengan mengemas per satu kilo lalu dibungkus dengan plastik hitam, kemudian dimasukan ke dalam tas dan karung dan disimpan ke dalam drum lalu ditutupi dengan tepung,” papar Taufik.

Baca juga  Pria Simpan Sabu di Ventilasi Kamar Mandi, Ditangkap Polisi Loa Kulu

Taufik menambahkan, tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) Subsider Pasal 112 Ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dan dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved