Search
Close this search box.

Polres Nunukan Gagalkan Penyelundupan 3 Kg Sabu, Sebagian Bakal Diedarkan di Samarinda

Benuanta.id – Kepolisian Resor (Polres) Nunukan, Kalimantan Utara, menggagalkan penyelundupan 3 kilogram narkotika jenis sabu. Dua orang pelaku berhasil diamankan, masing-masing berinisial SY dan AG.

Kapolres Nunukan, AKBP Taufik Nurmandia, menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula dari informasi masyarakat. Pada Sabtu (11/11/2023), personel Satresnarkoba Polres Nunukan mengamankan SY, seorang anak buah kapal (ABK) KM Queen Soya, saat melewati pemeriksaan di depan pintu gerbang Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

“Dari tangan terduga ditemukan 1 (satu) buah kantong plastik warna hitam yang ditenteng sembari mengendarai sepeda motor matic,” kata Taufik.

Baca juga  Mempekerjakan Anak di Bawah Umur Jadi Badut, Pria di Nunukan Diamankan Polisi

SY mengaku membawa sabu tersebut atas suruhan IQ, warga Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

IQ kemudian berhasil ditangkap di Kota Parepare. Ia mengakui telah menyuruh dan mengupah SY untuk membawa sabu ke Kota Parepare.

Sementara itu, pada Senin (13/11), personel Satresnarkoba Polres Nunukan mengamankan AG saat melintas di Kecamatan Sebatik Utara menuju ke Nunukan. Dari tangan AG, petugas menemukan dua bungkus plastik ukuran besar berisi sabu-sabu seberat 2 kilogram.

AG menerangkan bahwa sabu tersebut merupakan pesanan 2 (dua) orang laki-laki yang berada di sebuah Hotel di Nunukan. Dan AG akan diberi upah sebesar Rp100.000.000 atau Rp50.000.000 per kilogramnya.

“Saat itu AG telah menerima uang sebagai upah sebesar Rp50.000.000,” lanjut Taufik.

AG mengaku membawa sabu tersebut atas pesanan EL dan SA, warga Kota Samarinda, Kalimantan Timur. EL dan SA kemudian berhasil ditangkap di sebuah kamar hotel di Nunukan.

Baca juga  Kasus Penganiayaan Ajudan Bupati Kutai Barat Berujung Damai

“Terduga EL dan SA berdomisili di Kota Samarinda (Kaltim). Sabu tersebut rencananya akan dijual kembali di Kota Samarinda,” beber Taufik.

Ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved