Search
Close this search box.

Kejari Samarinda Tahan Tersangka Penyelewengan Dana PNPM Mandiri Rp206 Juta

Benuanta.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda menahan seorang tersangka berinisial S terkait dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana Unit Pengelolaan Keuangan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) di Kelurahan Sambutan dari PNPM Mandiri Perkotaan.

Kepala Kejari Samarinda, Firmansyah Subhan, mengatakan bahwa S ditahan pada Senin (13/11) dengan nilai kerugian negara mencapai Rp206 juta.

“Modus operandi tersangka adalah dengan mengajukan pinjaman fiktif atas nama 35 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pada kurun waktu 2012-2013,” kata Firmansyah, Kamis (16/11).

Baca juga  Cekcok Hingga Ancam Tetangga dengan Parang di Kebun Singkong, Pria Paruh Baya Berurusan dengan Polisi

Dengan cara ini, keuangan negara mengalami kerugian sebesar Rp206,68 juta, sebagaimana dilaporkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 24 Desember 2014.

Tersangka S merupakan anggota LKM Sambutan Terpadu dan merangkap sebagai pengelola LKM yang sama. Ia ditahan selama 20 hari di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Samarinda terhitung sejak 13 November hingga 2 Desember 2023.

“Penahanan ini dilakukan untuk mempercepat proses penuntutan perkara dan berdasarkan ketentuan Pasal 21 ayat (1) dan ayat (4) KUHP,” ujar Firmansyah.

Baca juga  Pemuda 25 Tahun Ditangkap Polisi Usai Simpan 6 Poket Sabu di Bawah Kasur

Kejaksaan Negeri Samarinda pun menegaskan komitmennya untuk memberantas tindak pidana korupsi dan menegakkan keadilan di wilayah tersebut.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved