Search
Close this search box.

Puluhan Ribu Warga Padati Festival Kota Juang Sanga-sanga, Ini Hasilnya

Benuanta.id – Lapangan Kecamatan Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dipenuhi oleh puluhan ribu masyarakat yang ingin menyaksikan malam puncak Festival Kota Juang Sanga-sanga, Selasa (30/1).

Festival yang digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2024 ini menampilkan berbagai kegiatan, mulai dari konser musik, tari tradisional, expo UMKM, hingga pameran pembangunan.

Salah satu penampil yang menghibur pengunjung adalah duo Mr Jono & Joni, yang membawakan lagu-lagu populer.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, yang hadir bersama jajaran Pemkab Kukar, TNI, Polri, dan tokoh masyarakat, mengatakan bahwa festival ini bertujuan untuk mengenang perjuangan dan jasa para pahlawan yang melawan penjajah di Sanga-sanga.

Baca juga  Rendi Serahkan Bantuan Alsintan Kilat ke Kelompok Tani Bukit Raya

“Di sini pernah terjadi pertumpahan darah, perjuangan luar biasa dari pahlawan kita. Kita harus menghargai dan menghormati mereka,” kata Rendi dalam sambutannya.

Rendi juga berharap bahwa festival ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, khususnya pelaku usaha kreatif dan UMKM yang ikut berpartisipasi.

“Kita harapkan ada multiplier effect, perputaran ekonomi di Sanga-sanga bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menurut Rendi, Festival Kota Juang Sanga-sanga merupakan event pembuka dari Program Kukar Kaya Festival 2024, yang akan berlangsung di berbagai kecamatan sepanjang tahun ini.

“Setelah ini, kita akan gelar event di Kecamatan, dan selanjutnya di Kecamatan Samboja. Ini adalah upaya kita untuk mempromosikan potensi dan kekayaan Kukar,” tuturnya.

Baca juga  East Borneo Coffee Competition 2023: Kompetisi Kopi Bergengsi Rasa Nasional

Sementara itu, Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar, Akbar Haka, mengungkapkan bahwa festival ini telah menghasilkan perputaran uang sebesar Rp 7,5 miliar.

“Angka ini masih bisa bertambah hingga hari penutupan nanti. Ini menunjukkan bahwa festival ini sukses dan diminati oleh masyarakat,” kata Akbar.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved