Search
Close this search box.

Petani Kukar Bisa Kredit Tanpa Agunan, Ini Syaratnya

Benuanta.id – Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik meluncurkan program Kredit Kukar Idaman untuk membantu para petani mendapatkan kredit tanpa agunan. Program ini diluncurkan dalam acara Panen Perdana Tanaman Holtikultura di Greenhouse Waduk Panji Sukarame Tenggarong pada Senin (12/2) kemarin.

Akmal Malik mengatakan program ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dan Bankaltimtara. Ia berharap program ini dapat membantu para petani memutus mata rantai rentenir dan meningkatkan hasil panen mereka.

Baca juga  Nusantara AGRIFest 2023, Festival Pertanian Berkelanjutan di Samboja Barat

“Saya harap Bank Kaltimtara bisa menambah plafon pinjaman tanpa agunan dari 10 juta rupiah menjadi 25 juta rupiah bagi para petani,” kata Akmal Malik.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan program ini sangat dibutuhkan oleh para petani di Kukar. Ia berharap program ini dapat tersampaikan dengan baik kepada para petani dan membantu mereka meningkatkan kesejahteraan.

“Ada beberapa kesulitan yang terjadi di lapangan karena Kukar terbagi di 3 zona, dan tidak semua wilayah Kukar masuk dalam Zona Bank Kaltimtara Cabang Tenggarong,” kata Edi Damansyah.

Baca juga  Ribuan Ibu PKK Kukar Meriahkan HKG ke-51 di Kota Bangun

Edi Damansyah meminta kepada Bankaltimtara untuk memberikan pelayanan yang berbeda pada program Kredit Idaman. Ia berharap Bankaltimtara dapat jemput bola kepada para petani dan membantu mereka dalam proses pengajuan kredit.

“Pola pelayanannya jangan sama seperti kredit reguler, Tim bank Kaltimtara bisa berkunjung kepada para petani atau jemput bola kepada para petani,” pinta Edi.

Baca juga  Jokowi Minta Perbankan Permudah Kredit UMKM

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik memberikan dukungan penuh kepada program Kredit Kukar Idaman. Ia berharap program ini dapat membantu Kukar menjadi lumbung pangan bagi Kalimantan Timur.

Syarat Mendapatkan Kredit Kukar Idaman:

  • Petani yang berkompeten dan aktif
  • Memiliki rekomendasi dari Dinas Pertanian
  • Berada di wilayah yang masuk dalam Zona Bank Kaltimtara

Informasi lebih lanjut:

  • Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Bankaltimtara Cabang Tenggarong
Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved