Search
Close this search box.

Cara Lapor SPT Tahunan Pajak 2023 Secara Online, Ada Aplikasi Baru dari DJP

Benuanta.id – Wajib pajak (WP) orang pribadi dan badan harus segera melaporkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak 2023. Batas waktu pelaporan SPT tahunan pajak 2023 adalah Maret 2024. Bagi yang belum tahu cara melaporkannya, berikut ini panduannya.

Saat ini, WP bisa melaporkan SPT tahunan pajak secara online melalui layanan DJP Online. Layanan ini dapat diakses di situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, yaitu https://djponline.pajak.go.id/.

DJP Online menyediakan dua fitur untuk pelaporan SPT tahunan pajak, yaitu e-Form dan e-Filling. E-Form adalah fitur yang memungkinkan WP mengunduh formulir SPT tahunan pajak dalam format PDF, mengisinya secara offline, dan mengunggahnya kembali ke DJP Online. E-Filling adalah fitur yang memungkinkan WP mengisi dan mengirim formulir SPT tahunan pajak secara online di DJP Online.

Adapun, mekanisme pelaporan SPT tahunan pajak melalui e-SPT, yaitu aplikasi yang harus diinstal di komputer, telah ditutup sejak Mei 2021. Sebagai penggantinya, DJP akan segera meluncurkan aplikasi baru berbasis web untuk mempermudah pelaporan SPT tahunan pajak.

“Aplikasi baru berbasis web pengganti e-SPT Masa PPh 21/26 akan diluncurkan pada bulan Januari 2024,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Dwi Astuti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (19/1)

Baca juga  RI Resmi Luncurkan Bursa Kripto

Dwi menjelaskan, dengan menggunakan layanan e-Filling, WP dapat mengisi dan mengirim SPT tahunan pajak dengan mudah dan efisien. WP cukup mengisi formulir elektronik di DJP Online. Karena bersifat online, layanan ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja selama 24 jam.

Bagi WP orang pribadi berstatus pegawai, ada dua jenis formulir SPT tahunan pajak yang harus dipilih sesuai dengan penghasilan selama setahun, yaitu formulir 1770 dan formulir 1770 S. Formulir 1770 diperuntukkan untuk WP yang berpenghasilan di bawah Rp 60 juta per tahun, sedangkan formulir 1770 S diperuntukkan untuk WP yang berpenghasilan di atas Rp 60 juta per tahun. WP dapat mengisi formulir tersebut melalui DJP Online.

Berikut ini langkah-langkah mengisi formulir SPT tahunan pajak secara online:

  1. Buka situs resmi DJP Online, www.pajak.go.id, melalui handphone atau laptop.
  2. Masuk dengan memasukkan nomor NIK/NPWP, password, dan kode keamanan.
  3. Setelah masuk, klik menu Lapor, pilih e-Filling, dan klik Buat SPT.
  4. Pilih jenis formulir SPT tahunan pajak yang sesuai dengan penghasilan per tahun, yaitu 1770 atau 1770 S.
  5. Isi formulir berdasarkan tahun pajak dan status SPT, lalu klik Lanjutkan.
  6. Ikuti petunjuk pengisian data yang terdiri dari 18 langkah. Isi data terkait penghasilan final, harta, utang, dan lain-lain.
  7. Jika tidak memiliki utang pajak, akan muncul status SPT, yaitu nihil, kurang bayar, atau lebih bayar. Isi SPT sesuai dengan status tersebut.
  8. Jika sudah selesai, klik Setuju dan kode verifikasi akan dikirimkan ke email atau nomor telepon yang terdaftar.
  9. Masukkan kode verifikasi yang diterima dan klik Kirim SPT.
  10. Tanda terima elektronik SPT tahunan pajak akan dikirimkan ke email.
Baca juga  Format Baru Hitung Pajak Freelancer, Berlaku 2024!

Sebelum itu, anda juga harus memastikan telah memiliki electronic filing identification number (EFIN). EFIN adalah 10 digit nomor identifikasi yang diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak dan bersifat sangat rahasia. EFIN berfungsi sebagai identitas wajib pajak pada saat melakukan transaksi elektronik dengan DJP untuk melaksanakan kewajiban perpajakan.

Jika wajib pajak belum memiliki EFIN, wajib pajak bisa mendapatkan EFIN juga bisa dilakukan secara online dengan mengirim permohonan pembuatan EFIN ke alamat email kantor pajak terdekat dengan tempat tinggal atau domisili. Berikut ini cara mendapatkan EFIN secara online.

  1. Kirim e-mail ke alamat kantor pajak “[email protected]” (tanpa tanda kutip). Adapun alamat email kantor pajak selengkapnya dapat dilihat di https://www.pajak.go.id/unit-kerja.
  2. Tulis “Permintaan EFIN” di bagian subjek e-mail. Kemudian di dalam badan email, cantumkan data pendukung, meliputi nama lengkap WP, NPWP, NIK, nomor HP, alamat e-mail aktif.
  3. Lampirkan juga foto/scan KTP asli, foto/scan NPWP asli, selfie/swafoto memegang KTP dan NPWP asli dengan wajah terlihat jelas.
  4. Apabila sudah lengkap semua, silahkan kirim Tunggu hingga nomor EFIN dikirimkan ke alamat e-mail WP yang telah tercantum tadi.
Baca juga  3 Juta Wajib Pajak Telah Lapor SPT, Siap-siap Denda Bagi yang Terlambat!
Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved