Search
Close this search box.

Harga BBM Non Subsidi Turun di Awal 2024, Ini Penjelasan Pertamina

Benuanta.id – Di awal tahun 2024, PT Pertamina Patra Niaga kembali melakukan evaluasi harga jual bahan bakar minyak (BBM) non subsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU). Penyesuaian harga ini mengacu pada fluktuasi harga minyak dunia dan nilai tukar Rupiah.

Menurut Arya Yusa Dwicandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, penyesuaian harga ini dilakukan secara berkala sesuai dengan regulasi yang berlaku. Ia mengatakan bahwa harga BBM non subsidi Pertamina, yaitu Pertamax Series dan Dex Series, turun mulai 1 Januari 2024.

“Kami menyesuaikan harga dengan tren fluktuasi harga minyak dunia, yaitu harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus dan nilai tukar Rupiah. Saat ini, tren harganya sedang turun, sehingga kami menurunkan harga produk BBM non subsidi kami,” ujarnya dalam keterangan pers pada Senin (01/01).

Baca juga  Pj Gubernur Akmal Malik Usul Perkecil Selisih Harga BBM untuk Atasi Kelangkaan di Kaltim

Berikut ini adalah daftar harga BBM non subsidi Pertamina yang berlaku di seluruh provinsi di Kalimantan dengan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar 7,5%:

  • Pertamax: Rp 13.500 per liter (sebelumnya Rp 13.950)
  • Pertamax Turbo: Rp 14.750 per liter (sebelumnya Rp 15.700)
  • Dexlite: Rp 14.900 per liter (sebelumnya Rp 15.900)
  • Pertamina Dex: Rp 15.450 per liter (sebelumnya Rp 16.550)

Arya menjelaskan bahwa penentuan harga baru ini sudah sesuai dengan formula yang ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

Baca juga  Pertamina: Pertalite Akan Digantikan Pertamax Green 92 di 2024

“Kami mengikuti formulasi harga dalam Kepmen ESDM dan menginformasikan kepada masyarakat bahwa harga produk BBM non subsidi Pertamina transparan terhadap tren minyak dunia. Ini adalah komitmen kami sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjaga harga BBM yang kompetitif dan terjangkau bagi masyarakat,” tambahnya.

Baca juga  Pemkot Samarinda Tunda Antrean BBM Ganjil Genap di SPBU

Ia juga menegaskan bahwa Pertamina Patra Niaga akan terus memastikan distribusi dan penyediaan BBM hingga ke pelosok negeri dengan prinsip Availability, Accessibility, Affordability, Acceptability dan Sustainability.

“Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan menyalurkan dan menyediakan BBM yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan,” tutupnya.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai harga produk Pertamina terbaru, masyarakat dapat mengunjungi website berikut atau menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved