Search
Close this search box.

Sri Mulyani Minta Bank Jangan Kurangi Kredit di 2024, Ini Alasannya

Benuanta.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta bank untuk tidak mengurangi penyaluran kredit pada tahun 2024. Hal ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini sudah mulai pulih.

Sri Mulyani menilai, investasi dan kredit adalah dua faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kedua faktor ini sudah menunjukkan kinerja positif pada tahun 2023, namun masih perlu ditingkatkan lagi.

“Kita harus terus mendorong investasi dan kredit agar tumbuh lebih tinggi lagi. Jangan sampai di 2024 ada penurunan atau perlambatan dalam penyaluran kredit,” kata Sri Mulyani dalam Seminar Nasional Perekonomian Outlook Indonesia di Jakarta, Jumat (22/12).

Baca juga  APBMI Dorong STS Muara Jawa Jadi Wilayah Kepabeanan Sendiri

Menurut Sri Mulyani, kredit yang tersalurkan dengan baik akan berdampak positif pada sisi investasi, baik domestik maupun asing. Oleh karena itu, pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan iklim investasi di Indonesia, seperti melalui hilirisasi dan reformasi sektor bisnis.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, kredit perbankan pada Oktober 2023 mencapai Rp6.902,98 triliun, naik 8,99 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Kredit bank BUMN menjadi penyumbang terbesar dengan pertumbuhan 11,76 persen secara tahunan.

OJK juga melaporkan, kualitas kredit perbankan tetap terjaga dengan rasio NPL bersih sebesar 0,77 persen dan NPL gross sebesar 2,42 persen. Kinerja perbankan juga solid dan resilien di tengah volatilitas pasar keuangan global, dengan tingkat ROA sebesar 2,73 persen dan tingkat CAR sebesar 27,48 persen.

Sementara itu, DPK bank juga tumbuh 3,43 persen secara tahunan menjadi Rp8.198,8 triliun, dengan deposito sebagai penyumbang terbesar dengan pertumbuhan 5,56 persen year on year. Rasio AL/NCD dan AL/DPK masing-masing naik menjadi 117,29 persen dan 26,36 persen, jauh di atas batas minimal 50 persen dan 10 persen.

Baca juga  Pisang Kepok Grecek Kaltim: Primadona Hortikultura yang Mendunia

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, OJK juga terus mendorong perbankan untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan menyalurkan kredit kepada UMKM dan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. (Antara)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved