Search
Close this search box.

Inflasi Kaltim Terkendali, Tapi Masih Dipicu IKN

Benuanta.id – Inflasi di Kalimantan Timur (Kaltim) pada November 2023 tercatat sebesar 0,37% (mtm), atau 3,30% (yoy). Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan IHK nasional sebesar 0,38% (mtm).

Meskipun terkendali, inflasi di Kaltim masih dipengaruhi oleh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini terlihat dari kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok penting (bapokting) seperti cabai dan beras.

Selain itu, tarif angkutan udara yang terus naik seiring kenaikan harga avtur juga jadi pemicu inflasi di Kaltim.

Baca juga  Jokowi Resmikan Pembangunan Masjid Negara di IKN

Untuk mengatasi hal ini, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kaltim terus berupaya melakukan pengendalian inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Gerakan Pangan Murah (GPM), yang dilaksanakan pada 7-11 November di Kota Samarinda.

GPM bertujuan untuk menjaga keterjangkauan harga komoditas bapokting bagi masyarakat, dengan menyediakan pasokan yang cukup dan berkualitas.

Selain itu, TPID Kaltim juga memberikan bantuan distribusi pangan untuk membantu pengiriman komoditas seperti cabai, cabai rawit, dan komoditas pokok lainnya untuk kegiatan GPM Samarinda pada 10-11 November 2023.

Selain itu, TPID Kaltim juga melakukan rapat koordinasi secara rutin untuk menjaga komunikasi yang efektif antara berbagai pihak terkait.

Salah satu hasil dari rapat koordinasi TPID adalah kerjasama antara BI dan TNI untuk melaksanakan Gerakan Tanam Cabai bersama di enam Kodim se-Kaltim.

Baca juga  Pemerintah Resmi Terapkan Pajak Rokok Elektrik 10%

Gerakan ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan stok cabai rawit, yang merupakan salah satu penyumbang inflasi tertinggi di Kaltim.

“Ke depannya, TPID Provinsi Kaltim akan terus berkolaborasi dalam menjalankan program pengendalian inflasi melalui strategi 4K, yaitu koordinasi, komunikasi, kolaborasi, dan konsolidasi. Melalui inflasi yang terkendali diharapkan dapat menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur menuju masyarakat yang lebih sejahtera,” tutup Budi Widihartanto, Kepala BI Kaltim.

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved