Search
Close this search box.

Upaya Pencegahan Karhutla, Rendi Serahkan Mobil Pemadam untuk Kecamatan Samboja dan Sekitar

Benuanta.idWakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, menyerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk dioperasikan di wilayah Kecamatan Samboja dan sekitarnya pada Sabtu (5/8/2023).

Samboja merupakan salah satu kecamatan di Kukar yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Rendi Solihin dan jajaran Pemkab Kukar menyadari betapa pentingnya kehadiran unit mobil pemadam kebakaran di Samboja mengingat kecamatan ini rawan Karhutla.

Rendi Solihin menjelaskan bahwa penyerahan mobil pemadam kebakaran ini sangat dibutuhkan dalam penanggulangan Karhutla, terutama karena Agustus ini merupakan puncak musim kemarau di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kukar termasuk wilayah yang rentan menjadi titik api atau hotspot.

Baca juga  Rendi Imbau Masyarakat Antisipasi Musim Kemarau

“Adanya mobil pemadam ini akan memungkinkan petugas untuk segera merespon dan menanggulangi potensi terjadinya Karhutla serta melakukan upaya pencegahan,” ucap Rendi.

Mobil pemadam kebakaran yang diberikan oleh Pemkab Kukar untuk Disdamkar dan BPBD memiliki spesifikasi dan kelengkapan terbaru.

Salah satu kelebihannya adalah kemampuannya untuk mengeluarkan air dari berbagai sisi, termasuk depan, belakang, serta samping kanan dan kiri untuk proses pendinginan.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan pompa Morita seri box dan berbagai perangkat canggih lainnya.

Rendi Solihin menekankan bahwa untuk melengkapi seluruh kelengkapan penanggulangan bencana di seluruh kecamatan, dibutuhkan upaya yang besar karena peralatan tersebut tergolong mahal dan harus didatangkan dari luar daerah bahkan luar negeri.

Baca juga  Jual Istri Rp900 Ribu di MiChat, Dua Pemuda Asal Banjarmasin Diamankan Polsek KP Samarinda

Meski begitu, Pemkab Kukar telah menganggarkan dana untuk alat kelengkapan penanggulangan bencana melalui APBD Perubahan, dan pada tahun 2024, akan ada penambahan alat kelengkapan tersebut.

“Kami berharap Pos Damkar dapat menjadi lebih baik lagi dengan kelengkapan yang memadai,” jelas Rendi.

“Dengan adanya penambahan ini, saya berharap petugas lebih siap lagi menghadapi banyak titik api di Kukar, terutama di wilayah Samboja,” pungkasnya.

 

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved