Search
Close this search box.

Rakor Forkopimda Kaltim Jelang Pemilu, Bupati Berau: Jangan Golput

Benuanta.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Kaltim, Selasa (6/2). Rakor ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan menghadapi pemilihan umum (pemilu) yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

Salah satu peserta rakor adalah Bupati Berau, Sri Juniarsih, yang datang bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Berau. Ia mengikuti rakor yang berlangsung di Ballroom Novotel Balikpapan, yang dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Akmal Malik, yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, mengajak seluruh kepala daerah dan perangkatnya untuk terus berkomunikasi, berkoordinasi, dan bersinergi dalam menghadapi pemilu. Menurutnya, kerjasama ini sangat penting untuk menjamin kelancaran dan keberhasilan pemilu, serta mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi di daerah.

Baca juga  Kaltim Dapat Alokasi Anggaran Rp83,8 Triliun, Pj Gubernur: Harus Berkontribusi ke Kesejahteraan

“Kelancaran pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, KPU, Bawaslu, dan DKPP, tetapi tanggung jawab semua dari pemerintah pusat sampai ke daerah,” ungkapnya.

Ia juga menekankan pentingnya membangun persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat, terutama menjelang pemilu. Ia mengingatkan bahwa Kaltim merupakan Indonesia mini, yang memiliki keragaman suku, agama, dan budaya. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat Kaltim dapat menjaga harmonisasi dan kondusivitas di daerah.

Baca juga  Prabowo Tak Peduli Tuduhan Curang, Fokus Bela Rakyat

“Kedewasaan berdemokrasi dan berpolitik di Kaltim relatif bagus dan tinggi. Warga Kaltim selama ini mampu menjaga toleransi dan kerukunan. Kaltim tetap menjadi daerah yang kondusif dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada. Kehidupan berbangsa dan bernegara di Kaltim merupakan perwujudan Indonesia mini, yang menjadi syarat utama hingga Kaltim ini ditetapkan menjadi ibu kota nusantara,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih, usai mengikuti rakor, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Berau bersama seluruh unsur forkopimda, penyelenggara pemilu, dan pihak terkait, terus berkoordinasi untuk memastikan pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan.

Baca juga  PPATK Ungkap Transaksi Mencurigakan Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Harus Tegas!

Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Berau untuk menggunakan hak suaranya dengan sebaik-baiknya. Ia berpesan agar tidak ada yang golput dan senantiasa menjaga kondusivitas di daerah.

“Mudah-mudahan semua proses pemilu berjalan dengan lancar dan menghasilkan suara yang terbaik sesuai keinginan masyarakat dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat,” tandasnya. (RN/Prokopim)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved