Search
Close this search box.

Berau Raih Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman, Bupati: Motivasi untuk Berbenah

Benuanta.id – Kualitas pelayanan publik di Kabupaten Berau terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan capaian predikat kepatuhan yang diperoleh dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) tahun 2023. Berau kini berada di zona hijau dengan nilai 79,59, yang menunjukkan kualitas pelayanan publik yang tinggi.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menerima penghargaan opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 dari ORI, yang diserahkan oleh Pjs Kepala Perwakilan ORI Provinsi Kalimantan Timur, Hadi Rahman, di Balikpapan, Rabu (31/1).

Penghargaan ini juga diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, serta seluruh pemerintah kabupaten dan kota di provinsi ini, sesuai dengan peringkat yang diraih.

Hadi Rahman menjelaskan, ORI adalah lembaga negara yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh pemerintah pusat dan daerah, BUMN, BUMD, BHMN, serta badan swasta atau perseorangan yang menyelenggarakan pelayanan publik tertentu dengan sumber dana dari APBN dan/atau APBD.

Baca juga  Rakor Forkopimda Kaltim Jelang Pemilu, Bupati Berau: Jangan Golput

Penilaian kepatuhan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan mencegah maladministrasi, dengan mengimplementasikan standar pelayanan pada setiap unit pelayanan publik.

Unit pelayanan publik yang dinilai meliputi dinas penanaman modal dan pelayanan satu pintu, dinas kependudukan dan catatan sipil, dinas pendidikan, dinas sosial, dinas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Total ada 54 unit layanan dari 11 pemda di Kaltim dengan 1216 kertas kerja yang diverifikasi oleh tim penilai,” katanya.

Baca juga  Abraham Tewas Diterkam Buaya Saat Buang Hajat di Sungai Bengawan Berau

Ia mengapresiasi pemerintah daerah yang berhasil meningkatkan capaian predikat kepatuhan dari tahun sebelumnya. Secara umum, hasil penilaian kepatuhan di Kaltim mengalami peningkatan, baik untuk kategori pemerintah daerah maupun kategori unit layanan.

Sri Juniarsih Mas mengucapkan terima kasih kepada jajaran OPD yang telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Berau. Ia juga menyampaikan rasa syukur atas capaian predikat kepatuhan yang menempatkan Berau di zona hijau. “Alhamdulillah tahun ini kita naik dari zona kuning. Ini menjadi motivasi kita untuk terus berbenah,” ujarnya.

Baca juga  Polres Berau Bekuk 3 Pelaku Penambangan Batu Bara Ilegal di Sambaliung

Ia menegaskan, meskipun sudah berada di zona hijau, evaluasi tetap harus dilakukan untuk memperbaiki segala kendala yang ada. Ia berharap, tahun depan Berau bisa mencapai zona hijau tua, yang merupakan predikat tertinggi untuk kualitas pelayanan publik. “Kita evaluasi terus, apa-apa yang menjadi hambatan OPD kita atasi bersama, kita dorong bersama, semoga tahun depan kita bisa naik ke zona hijau tua,” pungkasnya.

Turut mendampingi Bupati Berau, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Maulidiyah dan Inspektur Inspektorat Berau, Riza Fahmi. (Prokopim Berau)

Hosting Murah

Berita Terbaru

Narahubung

© Copyright 2018 – 2023 PT Benuanta Oetama Madjoe Djaya, All Rights Reserved