Mencari Bibit Unggul Kaltara Melalui Sepak Bola
Kepala Disdikbud Kaltara Dr Sigit Muryono membuka secara resmi Liga Sepak Bola Gala Siswa Indonesia di Stadion Andi Tjatjok, pekan lalu.

TANJUNG SELOR – Bertujuan untuk mencari bibit unggul di bidang olahraga sepak bola, utamanya dari kalangan pelajar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar pertandingan Liga Sepak Bola (Gala) Siswa Indonesia yang diikuti para pelajar SMP se-Kaltara.

Pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Andi Tjatjok Tanjung Selor, Bulungan selama dua hari itu, dibuka oleh Kepala Disdikbud Provinsi Kaltara Sigit Muryono, Jumat (7/9). “Gala siswa ini untuk mendukung terpilihnya bibit-bibit olahragawan, khususnya sepak bola yang memungkinkan untuk pengembangan sepak bola di tanah air. Tujuan kedua menghindarkan pelajar SMP dari kegiatan negatif,” kata Sigit.

Tiga kesebelasan ikut ambil bagian dalam kejuaraan yang berhadiah puluhan juta rupiah itu. Yaitu tim dari Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau dan Kota Tarakan. Kegiatan ini dimulai antarsekolah dari tingkat kecamatan, lanjut ke tingkat kabupaten/kota dan semua peserta tercatat secara online. “Tidak hadirnya dua kabupaten lainnya (KTT dan Nunukan) kemungkinan tidak mengikuti tahapan-tahapan itu,” lanjut Sigit.

Di hari kedua kompetisi, kesebelasan Malinau keluar sebagai juara I. Berturut-turut juara II dan III dari Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan. Selanjutnya, sesuai dengan keputusan rapat akan dipilih 18 siswa terbaik dari ketiga tim peserta untuk dibentuk menjadi satu tim. Sebagai juara I, Malinau mendapatkan jatah perwakilan sebanyak 10 siswa. Dari Kota Tarakan terpilih 5 siswa dan 3 siswa dari Bulungan. Mereka akan mewakili Provinsi Kaltara di tingkat nasional ditemani 4 orang pelatih dan official. Pada kompetisi tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada 8 hingga 31 Oktober di Jakarta, kesebelasan Kaltara akan bertemu dengan tim dari Jawa Timur, Papua, dan Sumatera Barat dalam satu grup.(humas)

Label:
Advertorial
Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu