11 Pelajar Wakili Kaltara di Ajang OSN
Sigit Muryono

TANJUNG SELOR - Sebanyak 11 pelajar, yang terdiri dari 4 murid Sekolah Dasar (SD) dan 7 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), akan mewakili Kalimantan Utara (Kaltara) dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Padang Sumatera Barat pada 1 sampai 7 Juli nanti.

“Ada beberapa bidang studi yang dilombakan pada OSN. Untuk tingkat SD ada mata pelajaran Matematika dan IPA. Sedangkan untuk SMP bidang studi Matematika, IPA dan IPS,” ujar Sigit Muryono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara di kantornya, beberapa waktu lalu.

Sigit mengungkapkan, empat siswa SD yang mewakili Kaltara, terdiri dari 2 orang murid dari SDN 01 Tanjung Selor atas nama Andi Faathir Reskiawan dan Bryan Darmawan. Kemudian satu siswa dari SDN 13 Tana Tidung atas nama Fitha Nur Auwaliah Agustiani dan satu orang lagi dari SDN 01 Nunukan Selatan atas nama Naufal Aiman.

Sedangkan wakil tingkat SMP, diwakili oleh Tara Pramesti Nuraji dari SMPN2 Tarakan, Annisyah Puji A. Rachman dari SMPN 2 Bunyu, Naufal Irba Sahril, pelajar MTs Negeri Bulungan, Asan Ali Purwadi asal SMPN 01 Satu Atap Tanjung Palas Tengah, Muh Nasmi Ansori dari SMPN 1 Nunukan dan Anak Agung Gede Surya Ananda Putra, pelajar SMPN 1 Malinau. 

Dikatakan, OSN merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui, Direktorat Pembinaan SD dan Direktorat Pembinaan  SMP. Pelaksanaan lomba ini digelar tiap tahun.

Informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kepada peraih medali pada ajang OSN tingkat SMP, nantinya akan mewakili Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Sains Internasional. Seperti contoh, pemenang dalam bidang IPA akan dipersiapkan untuk mengikuti Internasional Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan pemenang bidang IPS akan dipersiapkan untuk mengikuti ajang International Astronomy Olympiad (IAO) dan ajang National Geographic World Competition (NGWC).

“Layaknya siswa dan siswi SMAN 1 Tarakan yang berhasil mengukir prestasi di ajang Internasional, kita berharap hal serupa dapat diperoleh oleh putra dan putri dari Kaltara lainnya yang akan berlomba di ajang OSN nanti,” harapnya.  (humas)

Label:
Advertorial
Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu