Angkat Budaya Kaltara, Baken 'Hellcrust' Garap Projek Duet Bareng Uyau Moris
© Instagram

Tanjung Selor - Dua putera terbaik Kalimantan Utara (Kaltara) Baken Nainggolan, gitaris band metal Hellcrust, dan Uyau Moris, musisi etnic sape', mengerjakan projek bersama mengangkat budaya Kaltara. Oethara pun diambil menjadi nama projek duet ini.

Dalam projek Oethara yang masih dalam tahap pembuatan ini, Baken mengatakan dirinya mencoba 'mengawinkan' dua genre musik yang berbeda, yaitu musik metal dan musik tradisional dalam satu instrumen.
"Tujuannya mengangkat apa yang ada di Kalimantan Utara dengan musik kami yang mix metal dan sape'. Misal nanti mungkin akan disisipin tari jepin di visualnya atau ada unsur musik tidung dan bulungan," ungkap Baken saat menjelaskan kepada Benuanta.id melalui pesan WhatsApp, Jum'at (27/4).

Karena kesibukan masing-masing dan tempat tinggal yang berjauhan, Baken di Jakarta dan Moris di Jogjakarta, projek ini akhirnya digarap terpisah. "Gue recording di Jakarta. Terus mentahnya gue kirim ke Moris buat digodok dengan sapenya." Lanjut pria kelahiran Tarakan ini.

Uyau Moris yang menjadi teman duet Baken mengaku sangat antusias dalam projek Oethara ini. "Ini adalah salah satu hal menarik, dimana musik tradisi di-colab dengan musik metal, tentunya ini akan menjadi sesuatu yang baru dan menjadi tantangan yang baru juga untuk saya." kata Moris.

Projek yang rencananya akan dimuat dalam mini album ini sudah menghasilkan satu single yang berjudul Pabeka Tawai, akan dirilis dalam waktu dekat. Pebeka Tawai sendiri merupakan bahasa Dayak Kenyah yang secara harfiah berarti mengikat tali, namun di lagu ini Pabeka Tawai dimaknai mengikat hati.
"Menyatukan hati dan menyatukan perbedaan karena melihat kondisi negara kita yg saat ini penuh dengan konflik kebencian antar sesama dengan alasan agama, politik dan lainnya. Kita ingin negara yang kita cintai ini damai." tutup Baken.

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu